Jelang Lebaran, Stok Kebutuhan Pokok Dipastikan Cukup

0
56
Ilustrasi: Kebutuhan-kebutuhan pokok yang dijual di pasar.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Pati, Riyoso mengatakan stok bahan pokok atau sembako menjelang lebaran Idul Fitri Tahun 2021 dalam kondisi cukup.

“Terkait dengan stok kebutuhan pokok masyarakat menjelang hari raya Idul Fitri jumlahnya aman cukup,” ucap Riyoso berdasarkan data yang dimilikinya kepada Samin News, Rabu (5/5/2021).

Untuk memastikan stok sembako tersebut, Disdagperin secara rutin melakukan pemantauan di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Pati. Tak hanya itu, selain stok terbilang cukup pihaknya juga mengatakan harga kebutuhan pokok masyarakat relatif stabil.

Berdasarkan data yang dimiliki, meski ada kenaikan harga namun demikian itu tidak terlalu besar. Misalnya harga daging ayam broiler di pasaran tradisional naik sebesar Rp 2.000 per kilogram. Dari semula 38 ribu menjadi 40 ribu.

Kenaikan harga ini juga diikuti oleh komoditas cabe, dimana harga jenis cabe merah besar teropong juga mengalami kenaikan serupa sebesar Rp 2.000 per kilogram. Kenaikan harga tersebut setara dengan 4 persen.

“(Namun) jenis cabe rawit hijau harganya justru mengalami penurunan sebesar Rp 5.000 per kilogramnya. Dan saat ini berubah menjadi 45 ribu,” jelas Riyoso.

Kemudian, lanjutnya komoditas bawang merah di pasaran naik menjadi Rp 26.000 per kilogram. Harga tersebut naik sebesar Rp 2.000 dari harga sebelumnya.

Sementara merunut data yang diberikan, harga beras di Kabupaten Pati dalam kondisi stabil. Pasalnya untuk jenis beras premium, pihaknya mencatat Rp 10.000 per kilogram, sedangkan dengan beras jenis medium terpaut seribu hanya Rp 9.000 per kilogram.