Antisipasi Kemacetan, Satlantas Pati Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

0
68
Ilustrasi : Beberapa petugas sedang mengatur arus lalu lintas. (Istimewa/Samin News)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Perayaan hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriyah yang kian dekat membuat mobilitas masyarakat semakin naik. Aktifitas padat jelang lebaran itu membuat jalanan penuh sesak dengan kendaraan hingga menimbulkan kemacetan, tak terkecuali di Kabupaten Pati.

Merespon hal itu, Kepala Urusan Administrasi dan Ketatausahaan (Kaur Mintu) Satlantas Polres Pati, Ipda Muslimin mengungkapkan telah melakukan rekayasa lalu lintas (lalin) di sejumlah titik keramaian.

“Melihat arus lalu lintas yang mulai ramai khususnya disekitar pusat-pusat perbelanjaan, sehingga kami merekaya lalu lintas. Dalam hal ini kami berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) seperti penempatan petugas di jam-jam padat,” ungkapnya pada Samin News saat ditemui di meja kerjanya, Selasa (4/05/2021)

Lanjutnya, Ia mengatakan koordinasi lain bersama Dishub dalam rekayasa lalu lintas tersebut yakni perubahan sistem pada traffic light atau rambu lalu lintas.

“Seperti yang di Pasar Puri itu sudah ada penambahan durasi, di Perempatan Lawet sudah kita flashing atau rambu kedip karena sempat kami adakan perubahan fase tapi ternyata tidak mempan,” terangnya.

Disamping itu, di sejumlah jalan disekitar pusat perbelanjaan seperti swalayan ADA dan swalayan Luwes, pihaknya juga telah sarana prasarana jalan seperti water barrier.

Satlantas Polres Pati yang berkoordinasi dengan Dishub akan terus mencoba menganalisa arus lalu lintas di titik lain dan jika perlu ada perubahan fase, pihaknya akan menyesuaikan kepadatan lalu lintasnya.