Hari ini Baznas Kembali Distribusikan Bantuan Tukang Sapu Jalan

0
53

SAMIN-NEWS.com, PATI – Setelah sebelumnya Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pati, Kamis (6/5) kemarin menyerahkan bantuan bagi tukang sapu jalan secara simbolis di Pendopo, Jumat (7/5) juga mendistribusikan bantuan serupa.

Ketua Baznas, Imam Zarkasi mengatakan pendistribusian bantuan kepada tukang sapu jalan bagi yang belum disalurkan. Pasalnya, Baznas telah mengatur jadwal pendistribusian. Tujuannya adalah tidak lain untuk menghindari kerumunan.

“Kemarin baru didistribusikan 50 bantuan. Maka sisanya yang belum disalurkan Jumat dan Sabtu besok di Kantor Baznas,” ucapnya.

Penjadwalan pendistribusian bantuan ini dimaksudkan menaati protokoler kesehatan yang berlaku yaitu tidak berkerumun dan menjauhi kerumunan. Terlebih Baznas merupakan suatu instansi, maka sedianya memberi contoh baik terhadap masyarakat.

Sehingga, prokes diperhatikan betul dengan maksud mencegah memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Pati. Terlebih menjelang lebaran, intensitas mobilitas masyarakat cenderung lebih meningkat karena ada pemudik yang balik kampung.

Pihaknya menyebut Baznas Pati telah menganggarkan 286 bantuan. Masing-masing memperoleh uang tunai sebesar Rp 400 ribu. Jumlah ini disebutkan naik daripada tahun sebelumnya yang hanya sekitar Rp 200 ribu.

Bantuan oleh Baznas ini disiapkan anggaran sebesar 114.400.000. Bantuan tersebut supaya bisa menambah ongkos lebaran Idul Fitri Tahun 2021.

“Mereka ini pegawai PU statusnya gitu, tetapi cuma upah jauh dari layak. Ada juga yang dari outsourcing buruh atau pekerjalah,” dia menjelaskan.