Safari Shalat Jumat dengan Membagikan Masker di Masjid

0
52
Safari Shalat Jumat Muspika Kecamatan Sukolilo, di Masjid Ibadurrahman Desa Baturejo, Kecamatan Sukolilo.(Foto:SN/dok-sah)

SAMIN-NEWS.com, PATI –  Memanfaatkan momentum ibadah shalat Jumat sebelum kotbah dimulai terlebih dahulu jajaran Muspika Kecamatan Sukolilo, melalukan safari dan bakti sosial. Yakni, membagi-bagikan masker kepada para jamaah shalat Jumat di Masjid Ibadurrahman Desa Baturejo, kecamatan setempat.

Selebihnya, Kapolsek Sukolilo Iptu Sahlan SH MM juga menyampaikan imbauan soal Kamtibmas, di depan sekitar 150 orang jamaah. Di antaranya menyangkut larangan takbir keliling, sehingga takbir cukup dilaksanakan di dalam masjid maupun mushala.

Hadir dalam kesempatan itu, selain Camat Sukolilo Supeno SH juga Danramil yang diwakili Bataud Pelda Jurianto, serta Sekcam Sukolilo, Drs Imam. Selain  itu, hadir pula Bhabinsa Desa Baturejo, Serma Swarli serta Bhabinkamtibmas desa setempat, Aiptu Yoyok.

Salain larangan takbir keliling, lanjut Sahlan juga larangan tongtek karena hal itu bisa memicu permasaahan yang berujung terjadinya tawuran antarkampung. ”Kami juga melarang keras warga Desa Baturejo mengkonsumsi minuman keras (miras), karena hal itu memicu terjadinya kejahatan,” tandasnya.

Safari Shalat Jumat Muspika Kecamatan Sukolilo, di Masjid Ibadurrahman Desa Baturejo, Kecamatan Sukolilo.(Foto:SN/dok-sah)

Imbauan dan larangan tersebut, tujuannya jelas dan tegas, yaitu agar menjelang datangnya Lebaran ini Kamtibamas di Kecamatan Sukolilo, benar-benar menjamin ketenangan seluruh warganya. Sehingga hal-hal yang bisa memicu terjadinya kejahatan dan tawuran, upaya mencegahnya harus dilakukan oleh seluruh warga.

Apalagi, sejumlah catatan patut diketengahkan dalam kesempatan ini, bahwa Desa Baturejo, selama ini merupakan sumber kerawanan memunculkan terjadinya tawuran antarkampung. Hal tersebut bahkan hampir terjadi setiap tahun.

Jika tidak bersamaan menjelang berlangsungnya Hari Raya Idul Fitri juga saat berlangsung keramaian Meron, atau pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. ”Salah satu faktor pemicunya tak lain karena pengaruh minuman keras (miras),” imbuhnya.