Baznas Pati Serahkan Bantuan Bagi 286 Tukang Sapu Jalan

0
94
Saat berlangsungnya penyerahan bantuan bagi 286 tukang sapu jalan.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pati menyerahkan bantuan bagi tukang sapu jalan sebanyak 286 orang. Bantuan diserahkan oleh Bupati Pati di Pendopo, Kamis (6/5/2021) siang tadi.

Ketua Baznas Pati, Imam Zarkasi mengatakan pentingnya sebuah menjaga kebersihan. Pasalnya, terlebih di dalam agama Islam disebutkan Kebersihan Sebagian dari Iman. Maka kehadiran para pekerja tukang sapu jalan ini sangat penting untuk selalu diperhatikan.

“Yang mendapat bantuan sesuai dari usulan Dinas PU berjumlah 286 orang. Serta masing-masing memperoleh Rp 400 ribu,” kata Imam.

Dari sejumlah penerima itu, ia merinci total keseluruhan membutuhkan anggaran senilai Rp 114.400.000. Dan bantuan diserahkan secara simbolis, karena melihat kondisi pandemi diundang 50 orang.

Pihaknya melanjutkan bagi yang belum mengambil atau kekurangannya akan dibagikan pada hari berikutnya di kantor Baznas Pati yakni hari Jumat dan Sabtu.

“Kenapa dijadwal, karena tujuannya adalah supaya tidak ada kerumunan di kantor Baznas,” sebut Imam.

Sementara itu Bupati Pati, Haryanto mengatakan meski jumlahnya tidak seberapa, tapi paling tidak bantuan dari Baznas ini bisa membantu. Ini sifatnya tambahan karena pekerja tukang sapu jalan juga memperoleh THR dari kantor.

Selain itu, para tukang sapu jalan beserta tukang becak bakal menerima bingkisan dari pemerintah.

“Ini bakal dapat tambahan lagi bingkisan, tukang sapu, becak juga yatim. Khusus untuk tukang kebersihan dan becak itu insya allah bakal dibagikan hari Senin atau Selasa. Tetapi bagi yatim setelah lebaran,” ucapnya.

“Iya bantuan ini semoga membantu penerima sekalian dalam membeli jajanan lebaran. Terlebih lebaran kali ini cukup terbatas karena pandemi,” sambung Haryanto.