56 Warga RSS Sidokerto yang Positif Terpapar Covid-19 Terima Bantuan Beras dari Budha Tzu Chi

0
110
Camat Pati Drs Didik Rusdiartono bersama jajaran Muspika kecamatan setempat, harus angkat junjung beras bantu dari Budha Tzu Chi, untuk warga RSS Sidokerto yang terpapar Covid-19.(Foto:SN/aed)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Budha Tzu Chi Indonesia Korwil Jawa Tengah Korlap Pati, Senin, (10/5/2021) hari ini, menyerahkan 56 paket beras dan 1.120 lembar masker. Bantuan untuk warga RT 10 dan 12 RW 1 RSS Sidokerto, Pati yang terdampak langsung Covid-19.

Kawasan RSS tersebut, tak lain merupakan klaster baru dari jamaah shalat tarawih sehingga Sabtu (8//5/2021) lalu harus dilakukan swab antigen. Dari 220 warga, 26 orang di antaranya positif terpapar, dan sebelumnya ada 30 waga lainnya hasil  swab antigen-nya juga positif.

Karena itu, papar Camat Pati Drs Didik Rusdiartono, pihaknya bersama jajaran Muspika kecamatan setempat, mencoba memintakan bantuan kepada Budha Tzu Chi, untuk sedikit membantu meringankan warga yang terdampak tersebut. Sebab ada di antara mereka yang harus menjalani isolasi mandiri.

Sedangkan selebihnya, ada yang harus dirawat di rumah sakit secara tersebar, baik di RS KSH juga Fastabiq Sehat, dan RS Mitra Bangsa, serta ada juga yang di RS Mardi Rahayu Kudus. ”Selebihnya juga ada yang harus menjalani karantina di ruang isolasi Wijaya Kusuma, RSUD RAA Soewondo, Pati,” ujarnya.

Camat Pati Drs Didik Rusdiartono bersama jajaran Muspika kecamatan setempat, harus angkat junjung beras bantu dari Budha Tzu Chi, untuk warga RSS Sidokerto yang terpapar Covid-19.(Foto:SN/aed)

Dengan demikian, lanjut dia, karena ada yang menjalani isolasi madiri di rumah masing-masing, maka pengetatan harus dilakukan. Maksudnya, mereka ini harus benar-benar mematuhi ketentuan isolasi mandiri, sehingga tidak boleh meninggalkan rumah dengan alasan, karena ada kepentingan sesuatu.

Mengingat hal tersebut, maka untuk meringankan sedikit bebannya dalam upaya memenuhi kebutuhan pangan, pihaknya memang memintakan bantuan beras. Sedangkan kepada warga yang kondisinya tetap aman, hendaknya juga ekstra hati-hati.

Semisal tetangga akan membantu keperluan warga yang diisolasi, maka untuk sementara cukup disampaikan melalui telepon tidak apa-apa. ”Dengan kata lain, hedaknya jangan melakukan kontak dekat juga demikian sebaliknya, kalau warga yang menjalani isolasi hendak minta tolong,” tandasnya.

Untuk mengurus bantuan beras dan masker dari Budha Tzu Chi, beras sebanyak 56 paket dan masker sudah  sudah diambil bersama jajaran Muspika di Kelenteng Hok Tik Bio. Untuk penyerahannya juga langsung dikirim ke lokasi RSS Sidokerto.