Webinar Ekonomi Strategi Pengembangan UMKM dan Urgensi Digitalisasi Informasi Keuangan

0
45

SAMIN NEWS.com, KUDUS – Minggu, 11 April 2021 GenBI Komisariat IAIN Kudus besama GenBI Komisariat UNTIDAR mengadakan Webinar Ekonomi dengan mengusung tema “Strategi Pengembangan UMKM dan Urgensi Digitalisasi Informasi Keuangan”

Digelar secara daring melalui zoom, kegiatan berlangsung lancar berkat dua pembicara yang menyajikan materi dengan menarik.

Materi pertama disampaikan oleh Totok Susilo Pamuji Nugroho, S.E, M. Si atau Owner batik Helza dan batik kultura solo. Dalam webinar tersebut, Totok menjelaskan tentang strategi-strategi sebelum membuka usaha. Menurutnya salah satu persoalan yang sering dihantui para calon pebisnis adalah mengenai modal.

“Masalah modal tidak melulu berpengaruh apalagi di era digital seperti ini. Sekarang toko online maupun offline pun sudah banyak yang menggunakan reseller dalam pemasaran sehingga tidak perlu menyetok barang. Nah sebelum membuka toko cobalah untuk menjadi salah satu reseller,” katanya ketika menyampaikan materi saat webinar berlangsung.

Lanjut Totok, Ia mengatakan jika sudah mencoba menjadi reseller dan mampu mencukupi kebutuhan dan modal, strategi selanjutnya yakni mulai membuka usaha. Dalam proses tersebut tentu perlu kesungguhan dan niat kuat dari diri sendiri.

Sedangkan pemateri kedua Anis Saadah, S.Sos seorang CO-Founder Innocircle & CMO MYCOOP, dalam webinar tersebut membagi kiat-kiat mengelola keuangan UMKM secara digital.

“Melihat kondisi saat ini dimana pandemi cocid memaksa semua serba digital. Nah usaha UMKM harus bisa menyesuaikan. Digitalisasi UMKM meliputi ide hingga pemasaran dan semua aspek yang ada dalam UMKM ini sangat dibutuhkan untuk kedepannya.

Penyajian dua materi tersebut merupakan bentuk kepedulian GenBI Komisariat IAIN Kudus besama GenBI Komisariat UNTIDAR terhadap kondisi UMKM selama pandemi yang merupakan penopang ekonomi nasional. Pihaknya berharap dengan diselenggarakan webinar ekonomi tersebut banyak anak muda yang dapat mengembangkan usaha di tengah pandemi dengan inovasi-inovasi untuk membantu UMKM agar go digital.

Dalam press release kegiatan, Ketua Komisariat IAIN Kudus Ayuni Sofiyah mengutarakan bahwa materi yang disampaikan penuh dengan ilmu-ilmu yang bisa memotivasi para pelaku bisnis.

“Kegiatan webinar ini sangat relate di butuhkan oleh para pelaku bisnis saat ini dan juga menambah semangat pelaku bisnis maupun mahasiswa yang mempunyai minat terhadap bisnis dimana minat bisnis saat pandemi dapat mengalami penurunan,” ungkapnya dikutip dari Press Release

Dalam press release tersebut, pihaknya juga mengucapkan terimakasih kepada media partner yang telah mendukung dalam mengedukasi masyarakat dengan berita dan informasi adanya webinar ekonomi tersebut.