SMP Negeri 3 Pati Siap Laksanakan Uji Coba PTM

0
69
Batas mengantar peserta didik oleh orang tua dan titik antre saat masuk sekolah.

SAMIN-NEWS.com, PATI – SMP Negeri 3 Pati adalah salah satu sekolah di Kabupaten Pati yang bakal menggelar ujicoba pembelajaran tatap muka. Di antaranya adalah SMA Negeri 1 Pati, SMKN 1 Pati serta MAN 1 Pati. Mereka ditunjuk pemerintah menyelenggarakan pembelajaran di dalam kelas di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Kepala SMP Negeri 3 Pati, Ruqayah telah mempersiapkan betul untuk menyambut penyelenggaraan uji coba atau simulasi Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Persiapan mulai dari sarana dan prasarana yang dibutuhkan menunjang kelancaran kegiatan ujicoba PTM.

“Mulai di depan sekolah disiapkan area batas mengantar peserta didik oleh orang tua. Juga dibuatkan titik antre (tanda kaki, red) saat masuk sekolah,” kata Ruqayah kepada Samin News, Kamis (1/4/2021).

Dibuatnya ruang batas bagi pengantar siswa itu dimaksudkan untuk mengatur kerumunan. Sehingga, baik orang tua yang mengantar anaknya itu tahu menempatkan dirinya. Juga, bagi murid sudah ada peta jalan (maps).

Kemudian, lanjutnya peraturan mengenai boleh dan tidaknya siswa masuk sekolah telah dibuatkan banner yang ditempel di belakang gerbang. Isinya adalah menjelaskan tata cara belajar di sekolah atau sebaliknya ada masalah kesehatan, yang memicu tidak boleh mengikuti PTM.

“Masuk gerbang dengan melintasi jalan yang telah disediakan sekolah, siswa cuci tangan terlebih dahulu. Setelahnya disitu membaca peraturan (banner). Apakah masuk kriteria, kalau tidak, ya dilarang masuk. Kalau ternyata luput, kita juga ada ruangan isolasi,” tambah dia.

Menurutnya, setelah dicek suhu tubuh dengan alat yang disediakan. Maka, siswa melanjutkan berdasar maps. Siswa masuk ke kelas yang telah diatur sekolah. Peserta didik SMPN 3 Pati hanya kelas 7 yang mengikuti simulasi PTM. Dan rencananya sebanyak 100 siswa.

“Adapun tiap kelas berisi 10 siswa, dengan begitu ada 10 kelas. Meja kursi diatur dengan jaga jarak. Di depan kelas disediakan hand sanitizer juga tempat cuci tangan,” ujar Ruqayah.

SMP Negeri 3 Pati, membuat peta masuk sekolah dari pintu gerbang hingga kelas. Di samping itu, dari masing-masing kelas juga dibuat peta jalan keluar siswa.

“Intinya kita sudah persiapan terkait sarana dan prasarana yang dibutuhkan PTM. Jalur khusus untuk siswa, juga persiapan tenaga didik. Tinggal menunggu pelaksanaan,” pungkasnya.

Sebagai informasi, ujicoba PTM di sekolah rencananya bakal dimulai tanggal 5 s/d 16 April 2021.