Kadisdik Pati: Ujicoba Sebelum Pelaksanaan PTM

0
12
Kadisdik (berdiri) saat memberikan sambutan dalam kegiatan Lomba Mapsi tingkat SMP.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pemerintah pusat mengumumkan bahwa satuan pendidikan boleh melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) pada awal tahun ajaran baru 2021. Yakni dimulai pada bulan Juli mendatang.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pati, Winarto berdasarkan edaran SKB 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran dimasa Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Terkait PTM, awalnya dulu akan dilaksanakan di bulan Juli. Tetapi SKB empat Menteri, rapat yang kami ikuti dua hari lalu menjelaskan ujicoba PTM bisa dilakukan sebelum awal tahun ajaran baru.,” kata Winarto di kantornya kepada Samin News, Kamis (1/4/2021).

Adapun ujicoba PTM ini sebagai acuan atau simulasi satuan pendidikan. Karena, yang mana sekolah menyelenggarakan pembelajaran di dalam kelas di tengah pandemi memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku.

Winarto menjelaskan dalam pelaksanaan antara ujicoba maupun PTM tahapannya sama. Sebab, hal ini menyangkut persoalan kesiapan semua pihak dalam menghadapi dan menangani kondisi wabah pandemi seperti sekarang.

“(yaitu) memperoleh izin orang tua, sekolah dalam keadaan sehat, daftar periksa kesehatan terpenuhi dengan baik, prokesnya disiapkan sebaik-baiknya,” ucap Winarto.

Tak hanya itu, menurut dia satuan pendidikan juga memperoleh izin dari pemerintah daerah. Adapun PTM ini yang rencananya dilakukan di bulan Juli, namun untuk melihat kesiapan satuan pendidikan, maka PTM harus dilakukan ujicoba dahulu.

Dalam ujicoba ini, masih kata Winarto dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pati mengacu surat dari Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III, untuk jenjang PAUD dan SD belum boleh. Kemudian untuk jenjang SMP, kami tunjuk SMP Negeri 3 Pati.