Ratusan Lansia Jalani Vaksinasi di Kelenteng Hok Tik Bio

0
69
Koordinator Gusdurian Pati, Eddy Siswanto bersama personel lainnya, Ny Lilis yang tak lain adalah pemilik RS Budi Agung Juwana menunggui dan mengawasi jalannya vaksinasi para lansia di Kelenteng Hok Tik Bio Pati, Kamis (1/4) tadi pagi.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Ratusan warga lanjut usia (Lansia) di Pati, Kamis (1/4) tadi pagi hingga siang ini, menjalani vaksinasi di Kelenteng Hok Tik Bio, kompleks Pecinan. Penyelenggara vaksinasi kali ini tidak lagi dari Budha Tzu Chi, melainkan kelompok Gusdurian Pati dengan koordinatornya Eddy Siswanto dan Kiai H Heppy Irianto.

Hanya saja, personel yang terlibat dalam kegiatan peduli di tengah pandemi Covid-19 tak jauh berbeda setiap kali berlangsung kegiatan kemanusiaan, baik itu pengobatan gratis pascabencana banjir dan juga menyuplai makanan di lokasi bencana. Karena itu, untuk vaksinasi mereka pun tak ketinggalan seperti pengusaha kuningan Juwana, Supar, dan juga pemilik Rumah Sakit Budi Agung Juwana, Ny Lilis.

Terlepas dari hal tersebut, papar Koordinator Gusdurian Pati, Eddy Siswanto, dalam pelaksanaan vaksinasi terhadap para lansia ini, pihaknya selain bekerja sama dengan TNI dan Polri juga mendapat dukungan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati. ”Selebihnya sebagai pelaksana penyuntikan vaksinnya dilakukan petugas dari Puskesmas Pati I,” ujarnya.

Personel Puskesmas Pati I yang bertugas melaksanakan vaksinasi dan salah seorang warga lansia yang tengah divaksinasi.

Mengingat banyaknya antrean, lanjut Eddy Siswanto, pihaknya memanfaatkan Gedung Olahraga Gotong Royong bagi mereka yang menunggu giliran nomor urut berikutnya. ”Dengan demikian, peserta vaksinasi ini tidak berjubel di halaman maupun serambi kelenteng, sehingga untuk ketentuan jaga jarak antara satu dan lainnya benar-benar kami terapkan,” ujarmya.

Dalam kesempatan sama, Koordinator Gusdurian lainnya, Kiai H Heppy Irianto menegaskan, bahwa apa yang dilakukan Gusdurian dengan respons dari Pemkab Pati, memang semata-mata untuk membantu pelaksanaan vaksinasi terhadap para Lansia. ”Dengan demikian, upaya yang kami lakukan ini adalah untuk mendukung tercapainya target sasaran nasional tiap hari satu juta warga yang harus divaksinasi,” tandasnya.

Salah seorang warga dari kalangan muda yang juga ikut ambil bagian dalam vaksinasi tersebut, Budi Nugraheni SH M Kn, menyambut baik dan mendukung sepenuhnya apa yang dilakukan Pemkab Pati bersama Kelompok Gusdurian. ”Melalui upaya itu, warga di Kabupaten Pati utamanya yang sudah memasuki masa Lansia benar-benar bisa segera maksimal, sehingga mereka sudah mempunyai daya tangkal karena masuknya vaksin di tubuhnya,” ungkapnya.

Sementara itu, kalangan muda lainnya, Dedi Gunawan SH juga tak jauh berbeda dalam merespons pemerintah dalam menjaga kesehatan warganya, sehingga akan lebih baik jika mereka proaktif untuk mengikuti vaksinasi yang dilakukan hampir setiap hari ini. ”Sehat untuk seluruh rakyatnya, dan kuat untuk republik tercinta ini,” tandasnya.