Lomba Cerdas Cermat Agama Islam Kabupaten Pati Usai Digelar

0
62
Saat digelarnya lomba Cerdas Cermat Agama Islam Kabupaten Pati.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam (PAI) SMP Kabupaten Pati, Mahtub mengatakan penyelenggaraan lomba Cerdas Cermat Agama Islam (CCAI) tingkat SMP di Kabupaten Pati berakhir. Lomba CCAI ini adalah salah satu dari jenis lomba mata pelajaran dan seni islam (Mapsi) yang dikonteskan.

“CCAI ini adalah yang terakhir dari lomba Mapsi, yang mana CCAI bertujuan untuk uji kompetensi seluruh silabus di pelajaran PAI. Kita akan mengetahui sebatas mana daya serap anak dalam mempelajari mengkaji silabus mulai kelas 7 s/d 9,” ucapnya seusai kegiatan, Kamis (1/4) hari ini.

Penyelenggaraan babak final lomba CCAI Mapsi oleh MGMP PAI itu diselenggarakan di ruang Kartini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pati. Dimana pada hari yang bersamaan juga digelar lomba Tilawah Putra dan Kategori Putri.

Ia melanjutkan, lomba CCAI juara I diraih SMPN 2 Pati, juara II oleh SMP IT Insan Mulia Abu Bakar Assidiq, kemudian juara III disabet SMPN 4 Pati. Setiap peserta atau sekolah mendelegasikan tiga siswanya yang terbaik untuk berkompetisi dengan siswa lain.

Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam (PAI) SMP Kabupaten Pati, Mahtub.

Menurut Mahtub, SMPN 2 Pati diakui dari perolehan nilainya memang bagus. Dari bidang Qur’an, Fiqih, sejarah akhlaknya juga komponen PAI luar biasa yang dapat diketahui tim juri dari menjawab respon jawaban.

“Adapun pelaksanaan babak final lomba CCAI ini digelar secara luring, tetapi babak penyisihan sebelumnya secara daring,” ungkapnya.

Pihaknya berharap kepada siswa bahwa pelajaran PAI adalah bukan pelajaran yang harus dipinggirkan. Tetapi justru sebaliknya, pelajaran PAI kehadirannya sangat dibutuhkan di tengah masyarakat.

“Diharapkan anak-anak mempunyai keterampilan, rasa percaya diri bahwa pelajaran PAI itu dibutuhkan di masyarakat,” harapnya.

Sebagai informasi dari lomba CCAI ini para pemenang mendapat hadiah uang pembinaan. Juara I mendapatkan hadiah 1,5 juta, juara II 1 juta dan juara ketiga memperoleh 750 ribu.