Pemerintah Berencana Uji Coba PTM Tahap Kedua

0
17
Ilustrasi: Simulasi penerapan pembelajaran tatap muka. (Istimewa/Samin News)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pelaksanaan pilot project uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) tahap pertama selesai tanggal 16 April kemarin. Dari hasil itu, pemerintah menilai berjalan dengan sukses. Serta rencananya bakal diagendakan kegiatan serupa.

“Uji coba PTM kedua rencananya bakal dilaksanakan besok 26 April s/d 7 Mei 2021,” kata Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Provinsi Jawa Tengah, Sunoto saat dikonfirmasi Samin News, Selasa (20/4/2021).

Keberhasilan Uji coba PTM tahap pertama tidak bisa lepas dari peran serta sekolah juga dukungan orang tua. Yang mana sekolah dituntut mampu menyediakan infrastruktur protokol kesehatan di lingkungan satuan pendidikan.

Meski demikian, pihaknya tidak bosan mengingatkan kepada sekolah untuk selalu menerapkan prokes secara disiplin. Menurut Sunoto hal tersebut dengan menerapkan SOP protkes harus semakin ketat/disiplin untuk dipatuhi oleh sekolah.

Oleh sebab itu, pihaknya meminta kerjasama untuk selalu berkoordinasi lintas sektor. Baik untuk Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan serta sekolah. “Kerjasama antara Cabdisdik, Dinkes, Disdik, Pemkab, Kemenag dan sekolah harus terus dimaksimalkan,” ujarnya.

Namun yang perlu diingat juga adalah peran dukungan orang tua. Pasalnya selama ini mendukung kebijakan pemerintah utamanya adalah berkaitan dengan uji coba PTM ini.

Menurut Sunoto, dukungan orang tua serta masyarakat pada umumnya juga memiliki porsi yang vital. Sebab tanpa perizinan yang diberikan bagi anaknya, maka tidak boleh dipaksakan. Mereka percaya uji coba segera diterapkan.

“Dukungan orang tua dan masyarakat sangat diharapkan dalam kesuksesan uji coba ini,” jelasnya.