Dishub Pati Besar Kemungkinan Dapat Tugas Pemantauan Lebaran

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kendati Kabupaten Pati tidak termasuk sebagai daerah yang harus melakukan penyekatan untuk mencegah pemudik melintas di Jawa Tengah (Jateng), tapi besar kemungkinan mendapat tugas lain. Paling tidak, yaitu pemantauan di pos-pos titik tertentu di jalur Pantai utara (Pantura) timur Jawa Tengah.

Hal tersebut untuk mendukung apa yang sudah ditetapkan Polda Jateng, di mana ada 14 titik penyekatan untuk mencegah mudik masuk Jawa Tengah. Salah satunya, adalah di daerah Sarang, Rembang yang merupakan daerah perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur, tapi jika ada pemudik pasti akan melintas di Pati.

Salah satu akses jalannya, papar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan setempat Teguh Widyatmoko AP MSi melalui Kepala Bidang Angkutan dan Teknik Sarana, Eko Budi Santosa, yaitu pantura timur. ”Sedangkan kemungkinan lain, lewat jalur alternatif Bulung, Kecamatan Jekulo, Kudus-Cengkalsewu, Kecamatan Sukolilo, Pati,” ujarnya.

Dari jalur alnternatif ini, lanjut dia, sesampainya di Cengkalsewu akan menuju ke Kayen-Gabus, Winong, Jakenan, Jaken-Batangan. Karena itu, di antara perbatasan Pati-Rembang ini jika nanti pihaknya mendapat tugas pemantauan maka daerah perbatasan ini tak bisa diabaikan.

Sedangan yang melintas di pantura dai Kudus ke timur akan melintas dalam Kota Pati atau Jalur Lingkar Selatan (JLS). Seperti biasa, tiap tahun pos pemantauan ada di ujung timur JLS, di Desa Widorokandang, Kecamatan Pati. Sedangkan, yang hendak melintas dalam Kota Pati ada pos yang sama di Pabrik Kacang Dua Kelinci.

Akan tetapi, semua itu untuk pelaksanaannya masih menunggu tugas dari Polda Jateng, ada atau tidak Pos Pemantau Lebaran Tahun 2021. ”Jika ada tugas tersebut, kami beserta seluruh jajaran pun siap melaksanakan, termasuk menyediakan kelengkapan yang dibutuhkan,” imbuhnya.

About Post Author

Alm. Alman Eko Darmo

Pemimpin Redaksi Samin News
Previous post Hasil Evaluasi Uji Coba PTM Bisa Dilanjutkan dan Kuota Ditambah
Next post Pemerintah Berencana Uji Coba PTM Tahap Kedua
Social profiles