Jasa Raharja Perwakilan Pati Donasikan Buku di Perpustakaan Desa Gulang

0
15

SAMIN-NEWS.com, PATI – Jasa Raharja Perwakilan Pati bersinergi dengan SOM (Spirit of Millenials) Jawa Tengah dalam agenda Book Donation For Village Library Creating A Brighter Tomorrow Ur Own Book. Kegiatan ini dimaksudkan dalam rangka turut serta mencerdaskan anak bangsa melalui peningkatan literasi.

Hasil kerjasama itu, sedikitnya 243 buku berhasil dikumpulkan. Kemudian hasil donasi buku diserahkan kepada Perpustakaan Desa Gulang, Kecamatan Mejobo, Kudus, Jumat (23/4/2021).

Kepala Jasa Raharja Kantor Perwakilan Pati, Aceng Widayat menyatakan donasi buku dilaksanakan bersamaan memperingati hari buku sedunia. Juga gerakan donasi buku merupakan salah satu diantara sekian dalam upaya mencerdaskan bangsa. Dimana hal ini telah tertuang dalam Undang-Undang Dasar 1945.
“Hari ini juga bertepatan dengan Hari Buku sedunia, sehingga Jasa Raharja seluruh  Jawa Tengah secara serentak turut memeriahkan dalam kegiatan donasi buku ini,” kata Aceng.

Pihaknya menyebut 243 buku yang didonasikan itu pengumpulan dimulai dari 12 s/d 22 April di kantor Perwakilan Pati. Buku yang terkumpul beragam jenis seperti bacaan anak-anak, remaja, kumpulan novel, keahlian, dan jenis buku-buku lainnya.

Dengan jenis buku yang bervariatif, maka kebutuhan bacaan para pemustaka juga semakin terlayani. Oleh sebab itu, hal ini menjadi pemicu untuk meningkatkan kebutuhan literasi masyarakat.

Kepala Desa Gulang, Aris Subkhan mengatakan rasa terima kasihnya kepada PT Jasa Raharja beserta SOM Jawa Tengah. Pasalnya telah berbagi buku berbagi kemanfaatan dalam bentuk donasi buku di perpustakaan desa.

Selain itu, pihaknya menyebut perpustakaan desa diharapkan mampu membawa masyarakat yang lebih cerdas. Yakni masyarakat semakin melek literasi, melek teknologi yang bakal berdampak positif bagi lingkungan.

“Dengan buku masyarakat desa dapat melek berita, melek teknologi, melek karakter, mampu membangun diri menjadi masyarakat yang cerdas dan bersejahtera,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri selain perangkat desa juga dihadiri oleh Ketua pengurus Perpustakaan Desa Gulang Satriyo Widodo.