Balai Disabilitas Pati Terima 100 ODGJ Asal Surabaya

0
42
Penyuluh Sosial Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Mental (BRSPDM) Margo Laras Pati, Yasin

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kementerian Sosial (Kemensos) beberapa waktu lalu membawa 200 ODGJ dari Lingkungan Pondok Sosial (Liponsos) Keputih Surabaya, Jawa Timur untuk mendapatkan layanan sosial. Dari jumlah tersebut, sebanyak 100 ODGJ dikirim ke Balai Disabilitas “Margo Laras” di Pati.

Penyuluh Sosial di Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Mental (BRSPDM) Margo Laras Pati, Yasin merespon hal tersebut dengan mengungkap kondisi ODGJ yang datang sejak Selasa (30/03/2021).

“Mereka umumnya sudah dalam kondisi stabil, tenang, komunikatif dan sudah mampu merawat diri sehingga kedepannya kami kembangkan untuk pemberdayaannya,” katanya saat ditemui Samin News dimeja kerjanya, Senin (5/04/2021).

Kerjasama ini diklaim sebagai realisasi visi pokok BRSPDM Margo Laras Pati yakni memberikan pelayanan dan rehabilitasi para ODGJ atau para penyandang disabilitas mental. Mengenai anggaran, semua yang berkaitan dengan kebutuhan 100 ODGJ tersebut dipenuhi langsung oleh Kemensos pusat.

Lanjutnya, Ia mengungkapkan hampir seluruh ODGJ kiriman dari Liponsos Surabaya itu tidak diketahui identitasnya secara pasti.

“Dari awal identitas mereka hanya sebatas nama dan alamat tapi bukan identitas kependudukan yang kami persyaratkan seperti dalam bentuk KTP dan KK. Nah itu tugas kami untuk mencoba menelusuri kira-kira keberadaan keluarga mereka dimana saja.” Imbuhnya

Disamping itu, pihaknya mengaku tak hanya menampung dan membantu kebutuhan dasar ODGJ seperti makan dan perawatan, namun juga memberi sejumlah keterampilan.

“Kami disini ada bimbingan keterampilan untuk pertanian, perikanan, membatik kemudian kerajinan tangan. Itu nanti kami lihat mana bidang-bidang yang mereka minat, nanti kami ikutkan untuk bimbingan itu,” pungkasnya.