Sebelum Terjun Membagikan Beras, Relawan Budha Tzu Chi Menjalani Vaksinasi

0
72
Koordinator Lapangan (Korlap) Budha Tzu Chi, Eddy Siswanto dalam kesempatan pemberian vaksinasi para relawan Budha Tzu Chi, di Kelenteng Hok Tik Bio Pato, sebelum diterjunkan untuk membagikan bantuan beras kepada warga.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dalam rangkaian perayaan menyambut Tahun Baru Imlek 2572 di Tahun 2021, Panitia Nasional maupun Korwil Jateng dan Korlap Pati bersama Budha Tzu Chi akan menyalurkan bantuan beras kepada masyarakat. Jumlah bantuan meterial tersebut seluruhnya 16 ton, dan Kamis (25/3) kemarin, beras sebanyak itu sudah masuk ke gudang.

Dengan demikian, papar Koordinator Lapangan (Korlap) Pati, Eddy Siswanto, kini pihaknya sudah mempersiapkan para relawan Budha Tzu Chi, sebanyak 65 orang. Mereka sudah harus membuat perencanaan bantuan beras itu akan dialokasikan  untuk warga di desa dan kecamatan mana, serta berapa masing-masing banyaknya.

Akan tetapi, sebelum mereka benar-benar siap diterjunkan ke lapangan, pihaknya bekerja sama dengan Puskesmas Pati I terlebih dahulu melakukan vaksinasi terhadap mereka, karena mereka nanti akan menyerahan bantuan beras dari rumah ke rumah warga yang terdaftar menerima. ”Untuk pelaksanaan vaksinasi, kami mengambil tempat di Kelenteng Hok Tik Bio, di Kompleks Pecinan,” ujarnya.

Vaksinasi terhadap salah seorang relawan Korlap Pati, di Juwana.

Selain pembagian beras sebanyak 16 ton dari Budha Tzu Chi, lanjutnya juga akan dibagikan masker 32.000 helai, sehingga sampai saat ini warga diharapkan tetap harus mematuhi protokol kesehatan (prokes). Dengan demikian, kedisiplinan memkai masker juga jangan sampai kendor entah sampai kapan, atau hal itu baru boleh berakhir jika pemerintah sudah menyatakan bahwa pandemi Covid-19 di Indonesia atau di semua daerah sudah berakhir.

Karena itu dalam kesempatan yang sama, pemberian vaksinasi dilakukan tidak haya melulu kepada para relawan, tapi sebagian besar juga untuk warga. Sehingga, jumlah selurunya tidak kurang dari 120, karena tujuannya dalam kesempatan ini warga yang belum melakukan vaksinasi bisa ikut ambil bagian bersama para relawan Budha Tzu Chi.

Korlap Pati Eddy Siswanto tengah menemui warga yang hadir dan menunggu giliran divaksin.

Kepada warga yang hadir dalam kesempatan tersebut, Eddy Siswanto memberikan suport tak perlu ragu-ragu atau merasa takut dalam menjalani vaksinasi. Sebab, dengan vaksin yang sudah disuntikkan maka tubuh seseorang akan mempunyai daya tahan terhadap sereangan virus Covid-19, apalagi bagi mereka yang sudah lanjut usia (lansia).

Dengan vaksinasi ini, maka dampak ke depannya semua warga di Pati ini benar-benar sehat, aehingga tidak lagi mudah terserang menyebarnya virus Covid-19. ”Akan tetapi, dengan sudah menjalani vaksinasi ini kita justru ikut berupaya memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 ini,” imbuhnya.