PCNU Dirikan Posko NU Peduli Bencana Alam

0
12
Posko NU peduli bencana alam yang didirikan di sebelah POM Bensin Ngantru.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Baru-baru ini di Kabupaten Pati terjadi fenomena alam dengan banyaknya bencana. Melihat ini, maka Pimpinan Cabang Nahdhatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pati mendirikan Posko NU Peduli di sebelah POM Bensin Ngantru, Sabtu (6/2/2021).

Ketua PCNU, Yusuf Hasyim mengatakan pendirian posko NU peduli ini sebagai bentuk kegiatan sosial, yakni sebuah hubungan kemanusiaan lantaran terkena bencana.

“Posko NU Peduli bertujuan untuk melakukan kegiatan-kegiatan sosial, kebencanaan, kesehatan, penyuluhan, maupun kegiatan-kegiatan kemanusiaan lainnya,” ujarnya kepada Saminnews.

Lanjut Yusuf, bahwa NU peduli PCNU Kabupaten Pati ini merupakan gabungan dari lembaga-lembaga dan seluruh badan otonom Nahdlatul Ulama. Mulai dari Relawan dari NU Peduli PCNU Kab Pati terdiri dari LKNU, Lazisnu, LPBINU, LKKNU, Banser.

“LKNU (Lembaga Kesehatan NU), LPBINU (Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim NU), LKKNU (Lembaga Kemaslahatan Keluarga NU),” tambahnya.

NU Peduli ini rencananya akan dilaksanakan dalam waktu setahun ini. Sementara, ke depannya pihaknya akan mengevaluasi sejauh mana penerapan maupun hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan sosial serta dampaknya. “NU Peduli kita bentuk untuk waktu satu tahun, nanti ke depan kita evaluasi lagi,” jelas Yusuf.

“Untuk posko bencana menyesuaikan situasi dan kondisi,” terang dia.

Artinya, posko NU Peduli yang kini didirikan di samping POM Ngantru tersebut tergantung bagaimana kondisi yang terjadi. Namun sementara, dalam waktu dekat-dekat ini pihaknya telah membuat jadwal piket.

Selama sepekan, telah ditentukan penjadwalan piket yang dimulai dari hari Sabtu (6/2) hari ini sampai dengan Jumat (12/2) dengan pembagian shift dari pukul 07.00 s/d pukul 21.00 wib.