Kelenteng Hok Tik Bio Pati Sore Ini Mulai Siap Dapur Umum

0
43
Ketua Kelenteng Hok Tik Bio Pati, Eddy Siswanto yang juga Koordinator Gusdurian Pati.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Beberapa kali saat menyambut kedatangan Tahun Baru Imlek, ada yang bersamaan dengan datangnya banjir rutin tahunan akibat limpasnya gelontoran air hujan  dari alur Kali Juwana. Tak beda dengan penyambutan Tahun Baru Imlek 2572 di Tahun 2021, beberapa hari terakhir ini Pati juga kembali menerima kiriman gelontoran air tersebut.

Karena itu, pihak kelenteng maupun Gusdurian Pati bersama jajaran TINI/Polri mulai Senin (8/2) sore ini harus kembali membuka dapur umum yang dipusatkan di Kelenteng Hok Tik Bio, di Kompleks Pecinan. Dengan demikian, persiapan untuk keperluan tersebut sudah dilakukan sejak tadi pagi, di mana beberapa juru masak harus berbelanja ke pasar.

Untuk dapur umum ini, papar Ketua kelenteng yang bersangkutan dan juga Koordinator Gusdurian Pati, Eddy Siswanto akan beroperasi di lokasi genangan banjir yang ada, pada sore hari. ”Kami akan membagikan nasi kotak, tiap hari yang akan kami antar ke lokasi, baik untuk warga yang masih bertahan tinggal di rumah maupun yang ada di tempat pengungsian,”ujarnya.

Siapkan beras untuk dapur umum bagi korban banjir sebanyak 1,5 ton sudah dikirim ke Kelenteng Hok Tik Bio.

Mengingat nasi kotak yang dikirim ke lokasi banjir tiap hari masing-masing sebanyak 500, maka yang bertugas mengalokasikan dan mengirimnya tentu akan dilakukan bersama-sama TNI dan Polri.Dengan demikian, pengiriman nasi kotak yang sampai di lokasi bisa dimanfaatkan untuk keperluan makam pada malam hari, karena warga tiap pagi, maupun siang tentu sudah mendapat dari para relawan lainnya.

Dengan demikian, harapnya, warga yang saat ini harus menghadapi bencana banjir jangan sampai ada satu pun yang kelaparan, terutama anak-anak dan ibu-ibu serta para orang tua yang lanjut usia. ”Berdasarkan pertimbangan tersebut kami mengambil waktu pengiriman nasi kotak pada sore hari, karena bisa dimanfaatkan untuk makan pada malam hari,”imbuhnya.

Di sela-sela kesibukan menyiapkan dapur umum untuk warga yang tergenang banjir, kinio Kelenteng Hok Tik Bio Pati juga sudah berhias lampion pada bagian serambinya.

Dalam pada itu menghadapi datangnya Tahun Baru Imlek 2572 di Tahun  2021, pihak Kelenteng Hok Tik Bio Pati, Jumat (12/2) mendatang, banyak lampion yang sudah terpasang, baik di halaman luar maupun serambi. ”Hal itu sudah menjadi bagian dari tradisi saat menyambut datangnya Tahun Baru Imlek yang tahun ini ber-shio Kerbau Logam.” tambahnya.