Diskusi Online Tips dan Trik Sukses Berbisnis di Masa Pandemi

0
39
Tangkapan layar Diskusi Online Enterpreneurship yang digagas oleh Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri Inisiatif Terprogram Dari Rumah (MIT DR) UIN Walisongo Semarang Kelompok 02 .

MAHASISWA Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri Inisiatif Terprogram Dari Rumah (MIT DR) UIN Walisongo Semarang Kelompok 02 adakan kegiatan diskusi online yang dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 06 Februari 2021 dengan jumlah peserta sebanyak 48 orang yang di moderatori oleh Vera Ratna Putri Anggriani dengan 2 pemateri yaitu M.Wafiq Nur Fuadi (Owner Svarasa Coffe) dan Ahmad Wildan. S.Sos (Owner Ahdan Group).

Menurut Vera Ratna Putri Anggriani selaku koordinator kegiatan sekaligus moderator Diskusi Online Enterpreneurship tersebut,tujuan diadakan diskusi online tentang tips dan trik berbisnis yaitu untuk meningkatkan pengetahuan, semangat dan perekonomian di masa pandemi untuk tetap dapat penghasilan.

Acara Diskusi Online tersebut dilaksanakan dengan mengundang 2 pemateri Enterpreneurship dengan pembahasan seputar bisnis online dan offline. “Bekal utama yang diperlukan oleh seorang Enterpreneur  adalah rasa percaya diri yang kuat”, tegas salah Pemateri pertama yaitu M.Wafiq Nur Fuadi (Owner Svarasa Coffe). Karena kendala yang akan di uji dalam berbisnis sendiri adalah rasa percaya diri tersebut, baik percaya terhadap peluang, percaya terhadap kemampuan diri, dan pervaya bahwa hal yang dilakukan sudah benar.

Pemateri kedua yaitu Ahmad Wildan. S.Sos (Owner Ahdan Group). Masing-masing pemateri menyampaikan materi seputar hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk menjadi seorang Enterpreneur serta terkait solusi terhadap kemungkinan kendala yang akan di alami dalam berbisnis tersebut.

“Di masa pandemi ini, tentu saja banyak tantangan yang harus dihadapi oleh berbagai kalangan pembisnis terutama karena adanya social distancing yang menyebabkan semakin menurunnya kesempatan para pembisnis untuk saling bertatap muka menawarkan barang secara offline. Oleh karena itu, kemampuan untuk berbisnis secara online sangat diperlukan yaitu dengan memanfaatkan berbagai media social yang bisa dengan mudah diakses oleh berbagai kalangan” Ujar Ahmad Wildan selaku salah satu pemateri dalam Diskusi Online tersebut.

Setelah penyampaian materi selesai, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dilakukan antara peserta dengan pemateri yang berlangsung. Peserta berantusias dengan baik dalam sesi tersebut dengan mengajukan beberapa pertanyaan yang kemudian dapat langsung di jawab oleh kedua pemateri sasaran. Acara terlaksana dengan lancar dari awal acara hingga acara berakhir.

Pengirim : Muchamad Tohir (Mahasiswa Fakultas Tarbiyah UIN Walisongo Semarang)