Diskominfo Bentuk Pejabat Pengelola PPID Desa

0
56
Saat rapat pembentukan PPID oleh Diskominfo.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pemerintah menjamin semua warga negara bisa mengakses keterbukaan informasi publik. Karena hal ini telah diatur dalam perundang-undangan Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Berkaitan dengan itu, pemerintah desa perlu menyesuaikan dengan mengelola layanan informasi yang partisipatif. Yakni, bisa diakses oleh semua warga untuk menjamin hak masyarakat dalam memperoleh akses informasi.

“Untuk mewujudkan keterbukaan akses informasi publik pada lingkup pemerintah desa, maka dibentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) desa,” kata Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik pada Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kristina Inti Retnoningrum kepada Saminnews.

Pembentukan PPID, lanjutnya telah dimulai pada pekan lalu, dari tanggal 15 Februari. Dan terhitung, sejak hari pertama itu, pihaknya sudah membentuk di lima kecamatan. Dan masing-masing kecamatan ada dua desa yang dibentuk.

Sementara itu, untuk hari kelima ini berada di Desa Semampir, Kecamatan Pati. Setiap kecamatan ada 2 (dua) desa yang dibentuk, jadi total semua terdapat 42 desa se-Kabupaten Pati.

“Saat pembentukan, tim hadir langsung di setiap desa. Tujuannya adalah menunjuk dan menetapkan sekretaris desa sebagai pejabat PPID,” terangnya.

Selain itu, hal ini dimaksudkan dalam rangka pendampingan bagi desa. Pasalnya, berdasarkan surat dari Diskominfo, pemerintah desa perlu mengetahui apa saja yang harus dipublis. Misalnya, menu PPID dan menu kategori informasi publik pada website desa.

“Menetapkan dan memutakhirkan daftar informasi publik desa kategori yang wajib diumumkan secara berkala. Kemudian, melakukan layanan informasi publik desa yang meliputi penyimpan, pendokumentasian, penyediaan dan pelayanan informasi publik desa,” sambungnya berdasarkan informasi surat Diskominfo.