Baznas Droping Bantuan di Kecamatan Jakenan

0
9
Saat Penyaluran bantuan.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pati droping bantuan makanan siap saji kepada masyarakat terdampak luapan banjir. Droping bantuan logistik disalurkan di tiga desa di Kecamatan Jakenan, yakni Karangrowo, Ngastorejo dan Kedungmulyo.

“Bersama Bupati yang diserahkan ketiga desa di Jakenan. Dan bantuan serupa akan disalurkan ke daerah lain bersama Pemda,” ucap Staff Baznas, Abdullah Adib kepada Saminnews, Rabu (10/2/2021).

Sedikitnya Baznas memberikan makanan saji berupa mie instan yakni 80 kardus. Makanan cepat saji cukup membantu dan memudahkan pada saat dimasak bagi warga yang terdampak banjir itu. Pasalnya, mobilitas warga sangat terganggu dan terbatas.

Selain droping bantuan bahan pokok oleh Baznas, menurutnya masih ditambah lagi dari Pemda, PMI, kemudian diolah di markas PMI bersama Bupati. Bantuan dari beberapa pihak ini akan memudahkan koordinasi baik dari penderma juga droping bantuan di lokasi banjir.

“(di kantor Baznas masih ada) dan dilakukan bertahap, nunggu arahan pak Bupati,” Adib menjelaskan.

Mengapa disalurkan bertahap menunggu arahan dari pemerintah, pasalnya belakangan di beberapa wilayah di Pati banyak yang kebanjiran. Oleh karena itu, akan dipetakan di daerah mana saja yang perlu di droping. “Yang belum dapat bantuan dari pihak lain, biar gak tumpang tindih gitu,” terangnya.

Selain itu, pihaknya menyebut koordinasi dengan pemerintah dimaksudkan dalam ranah kapasitas bantuan. Artinya dari masing-masing pihak dengan kapasitas bantuan berapa, dan Baznas siap melengkapi.

“Nanti diolah jadi bungkusan paket sembako supaya menyesuaikan sesuai kebutuhan. Dan semoga bisa memberikan manfaat serta kondisi demikian bisa lekas pulih,” harapnya.