Tunjang Perekonomian, BUMDes Pangkalan Kembangkan Pemasangan Wifi

0
23
Kantor Balai Desa Pangkalan, Margoyoso, Pati.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Pangkalan, Margoyoso, Pati disebutkan dimotori oleh tenaga-tenaga muda. Mulai awal tahun 2021 ini BUMDes bergerak pada pengembangan pemasangan wifi masyarakat.

“Mulai tahun 2021 program BUMDes digerakkan oleh karang taruna. Dalam usaha pengembangan BUMDes seperti pemasangan wifi,” ucap Kepala Desa Pangkalan melalui Kasi Kesejahteraan, Ngarno kepada Saminnews, Kamis (14/1/2021).

Menurutnya, program BUMDes yang digerakkan oleh karang taruna ini dari cukup strategis. Pasalnya, dimana untuk saat ini kecanggihan teknologi informasi dalam berkomunikasi merubah mindset terkait kebutuhannya.

Artinya, era digitaisasi jaman ini siapa yang tidak membutuhkan signal internet. Dirasa mulai dari anak kecil hingga dewasa punya gawai atau handphone. Kegunaannya yang memang sebagai komunikasi jarak jauh juga menjadi alat penunjang dalam pengembangan literasi wawasan pengetahuan.

“Dari masyarakat sini sangat responsif, banyak yang mulai membutuhkan kebutuhan internet. Jadi banyak yang pasang wifi. Untuk pribadi juga bisa untuk orang banyak keluarga,” terangnya.

“Kemudian usaha BUMDes ini adalah membuka fotokopi-an maupun Alat tulis Kantor (ATK) yang kini sudah jalan. Pokoknya, terkait kebutuhan masyarakat sini yang bisa diakomodir itu yang akan dikembangkan,” imbuh Ngarno.

Dimana dalam operasionalnya, BUMDes Pangkalan berusaha untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat. Selain memang sebagai pelayanan, namun terdapat usaha perekonomian yang bisa dikembangkan. Misalnya, dipasang tempat yang strategis lalu dibangun warung, notabenenya akan mampu menggerakkan sektor perekonomian yang tangguh.