Hari ke Delapan Tahun 2021 Harga Kebutuhan Pokok Menurun

0
16
Ilustrasi: Kebutuhan-kebutuhan pokok yang dijual di pasar.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Hari ke delapan dari tahun 2021 ini, sejumlah harga kebutuhan pokok masyarakat (Kepokmas) menunjukkan sejumlah harga bergerak turun. Penurunan berbagai jenis komoditas terjadi pada beberapa pasar tradisional yang tercatat pada Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin).

Menurut data yang dimiliki Kepala Bidang Perdagangan, Sutrisno sejumlah komoditas yang mengalami penurunan ini adalah mulai dari telur, cabe hingga bawang.

“Harga telur ayam ras 23,5 ribu rupiah sedangkan hari sebelumnya 24 ribu. Ada perubahan harga dengan nilai sebesar 2 persen,” bunyi data yang dimiliki Sutrisno saat dikonfirmasi Saminnews, Jumat (8/1/2021).

Sementara harga cabe merah keriting di pasaran tradisional turun 50 ribu, dari harga sebelumnya yakni 53 ribu rupiah per kilogram. Pihaknya mencatat perubahannya senilai 6 persen. Cabe merah teropong 60 ribu per kilogram dari 65 ribu hari Kamis (7/1) kemarin.

“Selain itu, (penurunan harga, red) pada cabe rawit merah yakni turun sebesar 5 ribu rupiah per kilogramnya. Dari 85 ribu berubah 80 ribu rupiah dengan nilai 6,25 persen,” lanjut bunyi data tersebut.

Meski tidak menurun secara signifikan, harga bawang merah lokal mengalami laju turun dengan nilai seribu. Dengan rincian pada hari ini 26 ribu yang semula 27 ribu rupiah. Dan bawang putih chouw turun seribu dibandingkan harga sebelumnya menjadi 25 ribu. Akan tetapi, ada satu jenis komoditas yang justru bergerak sebaliknya.

“Harga daging ayam kampung hari ini 75 ribu per kilogram. Sedangkan kemarin berada 70 ribu, artinya ada kenaikan harga sebesar 5 ribu,” lanjut bunyi data tersebut.