Forum Anak Harap Pemerintah Fasilitasi Taman Bermain dengan Sudut Bacaan

0
40
Ketua Forum Anak Kabupaten Pati, Jihan Khoirunnisa.

SAMIN-NEWS.com,  PATI – Dalam mendukung upaya tumbuh kembang anak optimal, pemerintah diminta untuk memfasilitasi kebutuhannya. Dimana hal ini berkaitan dengan penyediaan sarana dan prasarana publik guna menunjang pembentukan bakat anak.

Ketua Forum Anak Kabupaten Pati, Jihan Khoirunnisa mengusulkan beberapa program yang diantaranya adalah menyediakan taman bermain bagi anak. Ruang publik yang representatif serta nyaman dengan salah satunya adalah disediakan bahan bacaan.

“Saya mewakili aspirasi anak di Kabupaten Pati berharap agar ada taman bermain bagi anak yang ada sudut bacanya,” ujarnya, Kamis (28/1/2021).

Selain taman bermain yang menyediakan sudut bacaan, lanjutnya adalah juga pemerintah perlu memfasilitasi kebutuhannya dalam membentuk minat dan bakat kemampuan anak. Baik anak secara umumnya juga anak penyandang disabilitas.

Dengan demikian, jika hal ini terpenuhi maka akan menciptakan kawasan ramah anak. Kemudian yang kedua, lanjutnya untuk mewujudkan kawasan ramah anak ini juga pemerintah menjamin dari iklan rokok. Dalam peraturan disebutkan iklan rokok pada kota ramah anak tidak diperbolehkan.

Pasalnya, Pihaknya mengatakan, iklan rokok yang dimaksud itu ditemukan berada di taman kota yaik (Kalidoro).

“Ketiga, agar forum anak Kabupaten Pati lebih ditonjolkan bagi masyarakat. Karena banyak yang tidak tahu apa itu forum anak, apa saja yang dibahas di dalamnya,” harap Jihan.

Namun demikian, Jihan juga mengakui bahwa anak sekarang ini kaitannya dengan membaca kurang tertarik. Anak lebih memilih dengan pegangan gadget dibanding dengan membaca buku.

“Kendalanya memang dimana-mana anak pada tunduk maen hp. Tapi hal itu menyadarkan saya, nanti bersama dengan teman lainnya mendiskusikan tersebut. Khususnya, bagaimana caranya agar menarik minat membaca anak-anak lagi,” tegasnya.