Hari Keduapuluhsembilan: Dimakamkan Satu Jenazah Standar Protokol Covid-19

0
51
Pemakaman standar protokol Covid-19 jenazah seorang perempuan, warga Desa Tluwah, Kecamatan Juwana, Jumat (29/1) 2021 tadi siang.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Selama pekan terakhir Januari atau di hari keduapuluhsembilan, Jumat (29/1) 2021, situasi berlangsungnya pemakaman jenazah standar ptrotokol Covid-19, ada kecenderungan semakin landai. Sebab, tiap hari hanya berlangsung pemakaman oleh Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) maupun Relawan Tunggulwulung di Pati utara, jika tidak hanya satu maksimal adalah dua.

Seperti di hari keduapuluhsembilan, Jumat (29/1) 2021 hari ini, misalnya, siang tadi selesai shalat Jumat dimakamkan dengan standar protokol Covid-19. Yakni, jenazah seorang perempuan warga Desa Tluwah, Kecamatan Juwana, di Tempat Pemakaman Umum (TPU) desa setempat, dan sampai sore ini belum ada lagi tugas untuk tim BPBD.

Sebelum meninggal, papar salah seorang anggota tim, Purnama, almarhumah sempat dirawat di rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) RAA Soewondo. ”Karena itu harapan tim, pada akhir pekan bulan ini adalah benar-benar menjadi momentum bersejarah di Pati, di mana merupakan hari-hari berakhirnya pemakaman standar protokol Covid-19, serta penyebaran virusnya,”ujarnya.

Pemakaman standar protokol Covid-19 jenazah seorang perempuan, warga Desa Tluwah, Kecamatan Juwana, Jumat (29/1) 2021 tadi siang.

Dengan demikian, lanjutnya setelah memasuki Febuari, Covid-19 di Pati benar-benar lenyap tinggal nama, meskipun hal itu juga boleh dibilang harapan yang belum bisa menjadi jaminan akan terwujud. Akan tetapi, melihat perkembangan terakhir, khususnya pemakaman jenazah standar protokol Covid-19 yang mulai berkurang, kelihatannya harap tersebut bukan hak berlebihan.

Lihat saja, jika di hari keduapuluhdelapan, di Pati tim hanya memakamkan dua jenazah dengan standar protokol Covid-19. ”Sedangkan di hari keduapuluhsembilan, atau hari ini tinggal satu jenazah yang dimakamkan, maka harapannya untuk hari ketigapuluh, Sabtu (30/1) besok sudah tidak ada,”harapnya.

Tim Relawan BPBD Pati karena yang bergabung dalam tim pemakaman idak sedang ada tugas, mereka pun bisa ikut bergabung Tim Relawan Bencana BPBD.

Ditambahkan, dengan berkurangnya tugas melaksanakan pemakaman standar protokol Covid-19, maka di antara anggota tim tersebut bisa melaksanakan kegiatan lain. Sebab, ada di antara mereka yang juga bergabung dengan Tim Relawan Bencana Daerah Kabupaten Pati, sehingga bisa ikut ambil bagian penanganan longsor di Desa Klumpit, Kecamatan Tlogowungu, Pati.