Stok Kebutuhan Pokok Jelang Natal dan Tahun Baru Aman

0
24
Ilustrasi: Kebutuhan-kebutuhan pokok yang dijual di pasar.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dinas Perdagangan dan Perindustrian memastikan stok bahan pokok atau pangan menjelang Natal dan tahun baru 2021 di Kabupaten Pati dalam kondisi aman tersedia. Ketersediaan bahan pokok ini terjamin cukup.

“Secara stok bahan pokok aman, terutama menjelang Natal dan tahun baru ini,” ujar pegawai distribusi pada bidang Perdagangan, Wardi saat dikonfirmasi Saminnews, Selasa (22/12/2020).

Saat ini, Disdagperin terus melakukan peninjauan dan pemeriksaan guna memastikan ketersediaan dan menjaga harga bahan pokok. Tiap hari dilakukan peninjauan di pasaran. Selain itu, hal ini juga dalam rangka melihat perkembangan update harga terkait kebutuhan pokok masyarakat.

Pihaknya menegaskan kondisi stok Kebutuhan pokok masyarakat (Kepokmas) di Kabupaten Pati dalam kondisi aman tersedia ini bukan tanpa sebab. Pihaknya memastikan data tersebut diambil dari beberapa sumber. Diantaranya dari pihak distributor,  Bulog,  maupun di pabrik gula (PG).

Menurut data yang dimilikinya, dikeluarkan per tanggal 18 Desember 2020 pihaknya mencatat matriks ketersediaan kebutuhan pokok. Untuk komoditas beras pihaknya mencatat ada 6.396,84 ton. Kemudian jenis komoditas minyak goreng 40.300 liter.

“Gula ada 21.711,8 ton, kemudian (stok bahan pokok) bawang putih terdapat 4.160,75 ton. Sedangkan komoditas bawang merah tercatat 7.871 ton,” bunyi data matriks kebutuhan pokok.

Sementara itu dalam data matriks kebutuhan pokok yang dimiliki tersebut, dicatat untuk komoditas cabe rawit ada sebanyak 7.147 ton. Sedangkan untuk stok telur di lapangan terdapat 17.022 ton.