Simulasi Pembelajaran Tatap Muka Off, Januari Dievaluasi

0
38
Kepala Seksi SMA dan pendidikan Luar Biasa, Haryanto.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Provinsi Jawa Tengah menyebut simulasi pembelajaran tatap muka sementara waktu ini dihentikan. Pemerintah memberlakukan simulasi ini guna melakukan persiapan nanti ketika satuan pendidikan boleh menerapkan pembelajaran tatap muka di dalam kelas.

Haryanto, selaku Kasie SMA & SLB pada Dinas Pendidikan Wilayah III mengatakan langkah ini diambil lantaran setelah pihaknya melakukan simulasi pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan. Dimana hal ini menjadi acuan pada saat kegiatan belajar mengajar (KBM) di tengah kondisi pandemi.

“Simulasi pembelajaran tatap muka sementara off dulu, Januari akan dievaluasi lagi,” ungkap Haryanto saat dikonfirmasi Saminnews, Selasa (22/12/2020).

Lebih lanjut, kata Haryanto bahwa berhentinya simulasi ini pada pertengahan periode bulan November 2020. Dimana pada waktu itu sejak mulai penilaian akhir semester (PAS) kegiatan (simulasi, red) tatap muka dihentikan terlebih dahulu.

Sebagaimana pelaksanaan itu, setelahnya akan dilakukan evaluasi. Sejauh mana dinilai satuan pendidikan dalam menyelenggarakan pembelajaran tatap muka, bisa dilakukan atau sebaliknya. “Mulai tanggal 23 November sampai tanggal 2 Desember itu kita laksanakan simulasi, setelahnya tidak ada,” ucapnya.

“Untuk simulasinya di SMA Negeri Sumber, Rembang. Dan selanjutnya, besok bulan Januari 2020 rencananya ada dua sekolah per kabupaten yang dilakukan simulasi,” sambung Haryanto.

Saat disinggung terkait penerapan di Kabupaten Pati, pihaknya mengaku tidak ada. Ia menyebut simulasi pembelajaran tatap muka dijadwalkan di SMK N Jateng. Akan tetapi, sementara ini semua tutup. Dengan demikian, simulasi dilakukan kembali awal tahun 2021 nanti. Dan sesuai rencananya itu, pada tiap Kabupaten ada dua sekolah. (SPR)