Masyarakat Desa Sirahan Keluhkan Asap Pembakaran dari Tempat Usaha Penggergajian Kayu

0
772

Tentu sangat tidak berlebihan rasanya jika masyarakat maupun pengendara yang melintas merasa terganggu dan tidak nyaman dengan kepulan asap tebal yang diketahui sudah lebih dari dua minggu tak pernah absen menutup jarak pandang pengendara yang melintas salah satu ruas jalan di Desa Sirahan, Kecamatan Cluwak, Kabupaten Pati tersebut.

Sebab tentu sangat tidak lucu ketika jalan yang sejatinya adalah fasilitas publik harus terganggu dan mengalah dengan salah satu pihak dengan usaha penggergajian kayu miliknya. Berijin maupun tidaknya usaha tersebut sebenarnya bukanlah menjadi pangkal permasalahan, sebab yang nyata dikeluhkan oleh warga adalah kepulan asap yang selalu mengganggu pengguna jalan yang melintas.

Bahkan menurut warga sekitar, kepulan asap tersebut dikatahui tidak pernah padam sama sekali dalam kurun waktu dua minggu. Berdasarkan informasi, kepulan asap tersebut berasal dari bekas kayu di tempat usaha penggergajian yang sisanya selalu dibakar dan ditambah setiap hari.

Kondisi semacam ini tentu membuat masyarakat resah. Sebab selain mengganggu jarak pandang bagi pengendara, asap pembakaran kayu seperti ini jika dihirup dalam waktu yang berkelanjutan akan menyebabkan beberapa gangguan kesehatan seperti jantung dan kanker.

Bahkan salah satu penelitian Ilmuwan Denmark bernama Profesor Steffen Loft mengatakan bahwa partikel-partikel kecil di dalam asap hasil pembakaran kayu dapat menjadi pembunuh senyap karena ukurannya yang sangat kecil dapat terhirup ke paru-paru.

(Pengirim : Didin Awaluddin)