Wanita Katolik Pati Kirim Bantuan Air Bersih ke Kedungmulyo

0
118
Ketua Wanita Katolik RI Cabang Pati, Ny Monika (kiri) secara simbolis menyerahkan bantuan air bersih kepada warga Desa Kedungmulyo, Kecamatan Jakenan yang diterima kepala desa (Kades) setempat, Yuni, Minggu (18/10) kemarin.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Di tengah situasi masa pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung beberapa bulan lalu hingga sekarang, upaya untuk berbagi dalam mengatasi kesulitan tak pernah surut dilakukan Wanita Katolik RI Cabang Pati. Karena itu, Minggu (18/10) kemarin, mereka pun guyub untuk terjun langsung ke tempat sasaran yang tujuannya tak lain menyerahkan bantuan air bersih ke wilayah Kecamatan Jakenan, Pati.

Salah satu desa yang sudah dijadwalkan untuk menerima bantuan dalam  memenuhi kebutuhan air bersih sehari-hari, adalah Desa Kedungmulyo yang berlokasai di kawasan sisi selatan sepanjang alur Kali Juwana. Kondisi tersebut sudah  diketahui bersama oleh masyarakat di Kabupaten Pati, bahwa desa-desa di kawasan alur kali itu bila musim kemarau selalu menghadapi problem yang sepertinya sudah secara rutin teragendakan.

Apalagi jika tidak permasalahan kesulitan mendapatkan air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, karena di kawasan sepanjang alur kali tersebut dan ke selatan hingga ke wilayah kecamatan lainnya, baik Pucakwangi, Winong, Gabus, Jakenan, dan Jaken bila musim kemarau air bersih selalu menjadi permasalahan warga. ”Selain banyak sumur warga yang kering, dan misalnya harus membuat sumur bor baru, airnya pun asin,”ujarnya.

Ketua Wanita Katolik RI Cabang Pati, Ny Monika menuangkan air ke jerigen warga yang secata bersama-sama mengambil air bantuan dari bak tampungan, selain itu juga membantu masker serta memakaikannya kepada salah seorang warga.

Karena itu, lanjut Monika, pembelian air bersih (bagi yang mampu) hal  itu tidak masalah bisa mendatangkan mobil tanki sendiri ke kediamannya.  Akan tetapi bagi warga yang pas-pasan, maka harus ada uluran bantuan dari pihak yang menaruh kepedulian, dan hal itu sudah dilakukan setiap musim kemarau agar bisa ikut meringankan beban mereka, mengingat desa-desa yang warganya menghadapi permasalahan tersebut juga cukup banyak.

Dengan demikian, sebisa mungkin pihaknya akan berupaya untuk bisa menyalurkan bantuan air itu meski bukan dalam kapasitas yang bersih. Akan tetapi, hal itu bagi kalangan Wanita Katolik adalah hal terbaik yang bisa dilakukan karena melihat kondisi warga untuk bisa mendapatkan air bersih jika tidak ada uluran bantuan, tentu tidak teratasi permasalahan yang selalu muncul setiap musim kemarau di Pati.

Masih beruntung, karena dalam kondisi seperti jika dicermati baik pemerintah maupun masyarakat yang menaruh kepedulian, ternyata aktif menyalurkan bantuan air ke desa-desa yang warganya sangat membutuhkan. ”Berkait hal itu, kami juga akan terjun lagi ke desa menyalurkan bantuan yang sama, Minggu (25/10) nanti ke Desa Sarimulyo, Kecamatan Winong, khususnya di Dukuh Gebyaran,” ungkap Monika.

Ketua Wanita Katolik RI Cabang Pati, Ny Monika menuangkan air ke jerigen warga yang secata bersama-sama mengambil air bantuan dari bak tampungan, selain itu juga membantu masker serta memakaikannya kepada salah seorang warga.

Ditambahkan, selain menyalurkan bantuan air bersih pihaknya juga mengedukasi warga agar selalu mematuhi protokol kesehatan, di antaranya harus selalu memakai masker, maka bantuan masker pun diberikan. Selain itu jangan lupa agar  tidak berkerumun,  serta tetap menjaga jarak, dan selalu menjaga kesehtan masing-masing.