Sinergi Komunitas Sosial dengan Tanggung Jawab Pemerintah

0
54
Salah satu anggota komunitas Selawe saat menyerahkan bantuan kepada salah satu masyarakat yang membutuhkan.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pemerintah dengan pihak swasta bersinergi dalam menciptakan kehidupan sosial masyarakat yang tertata. Keduanya diperlukan untuk mendukung elemen sosial. Dimana hal ini diwujudkan oleh komunitas sosial Sedekah Lancar Selawase (Selawe) dengan campur tangan pihak Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) selaku di pihak pemerintah.

“Kadang Baznas juga bersinergi dengan kita. Bantuan Baznas untuk bedah rumah misalnya kan tidak penuh. Nah, Komunitas bagian yang menggenapinya,” terang Ketua Komunitas Selawe, Ahmad Masruri kepada Saminnews, Kamis (29/10/2020).

Komunitas Selawe merupakan tercentralisir di Kecamatan Cluwak, dan tepatnya di Desa Sirahan. Bahkan di Kecamatan Cluwak terdapat dua komunitas yang cukup besar keberadaannya. Selain Komunitas Selawe, juga ada Komunitas Wong Cluwak.

“Komunitas saya (Selawe) di Desa Sirahan, Komunitas Wong Cluwak di wilayah Timur (Cluwak, Ngablak). kami kerjasama baik. Bahkan kadang jika Satgas PMKS (Cluwak) sedang ada bakti sosial, kami juga membantunya dengan membagi tenaga,” jelasnya.

Meskipun berada dalam satu kesamaan komunitas sosial, akan tetapi di keduanya ada perbedaan yang cukup signifikan. “Sumber dana kita juga berbeda. Wong Cluwak dari anggota dan sebagian dari TKW. Sedangkan, komunitas saya (Selawe, red) 80% dari luar kota/negeri, serta pembaca buku saya,” kata Masruri melanjutkan.

Pihaknya menyebut, diantara kedua komunitas itu saling berkomunikasi dan saling membantu. Karena di komunitas Wong Cluwak,  pihaknya merupakan tamu undangan atau bisa dibilang partner kegiatan. Disamping itu, juga dalam bekerjasama menghimpun pendanaan.

Selain bantuan rumah antara Komunitas Selawe dengan Baznas itu, pihaknya juga menyebut peran pentingnya komunitas dalam membantu negara. Akan tetapi, disini lagi-lagi persoalan finansial yang terbatas, sehingga mereka hadir di tengahnya.

“Salah satu contoh saling membantu antara negara dengan komunitas. Pasien bibir sumbing dll perlu operasi. biaya ditanggung BPJS. mobil dan uang saku dibantu Komunitas,” tandasnya.