35 Ribu Siswa dan Guru SMP di Pati Bakal  Dapat Kuota Internet dari Telkomsel

0
27
Ilustrasi Pendidikan Jarak Jauh (PJJ)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Supervisor CSO Telkomsel Cluster Pati Joseph Eko Wisnu mengatakan sebanyak 35 ribu yang terdiri dari siswa maupun guru SMP di Kabupaten Pati rencananya akan diberikan bantuan kuota internet dari provider Telkomsel. Hal tersebut merupakan bantuan tambahan, selain dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Sebanyak 35 ribu-an dari siswa maupun guru SMP negeri maupun swasta. Pelaksanaannya mulai besok Senin sudah didroping. Free kuota internat gratis dari Telkomsel sebesar 10 GB untuk pembelajaran,” terangnya, Jumat (4/9/2020).

Dalam pelaksanaannya, dia bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten untuk membantu melakukan pendataan bagi calon penerima kuota internet tersebut. Dimana dari siswa dan guru bakal mendapatkan kuota internet sampai dengan akhir tahun 2020 ini.

Lanjutnya, program ini terhubung dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) bantuan dari Kementerian. Jadi, ada bantuan Kementerian juga dari Telkomsel  memberikan lagi, 10 GB di awal. Kemudian, apabila setiap bulan mengisi pulsa Rp 5 ribu akan mendapatkan lagi 11 GB, lanjut Joseph.

Mita Devi dari MMS Branch Semarang, menambahkan, program ini adalah salah satu wujud dalam membantu pelajar dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar yang saat ini dilakukan dengan sistem daring atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Selain memberikan bantuan kepada siswa dan guru SMP, Telkomsel juga berencana memberikan bantuan kepada guru SD. Dengan mengingat PJJ adalah suatu hal yang belum terbiasa dilakukan oleh lingkungan pendidikan. Maka, dari situ ada kendala dalam menjalankan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara daring.

“Dengan daring itu kan banyak kendala, seperti keberatan orang tua dengan penambahan dana untuk beli kuota. Maka dari itu kami membantu (masyarakat) Kabupaten Pati,” imbuh Mita.

“Untuk tahap pertama baru semua siswa dan guru SMP, tahap ke dua baru diusulkan guru SD dulu baru kemungkinan muridnya juga. Sekitar 6 ribuan guru SD di Pati yang akan mendapatkan bantuan ini. Minggu depan kemungkinan sudah mendapatkan. Kalau muridnya tahun depan,” pungkasnya.