BPS Pati Buka Kembali Penerimaan Calon Petugas Pendataan Survey Penduduk

SAMIN-NEWS.com, PATI – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pati tengah mempersiapkan sensus penduduk online tahun 2020. Namun kali ini bukan sama pada tahapan sebelumnya, yaitu warga mengisi data kependudukan secara mandiri melalui laman portal yang telah disediakan. Namun, untuk sekarang ini sedang fokus mempersiapkan tenaga calon petugas pendataan SP 2020.

Sebelumnya, jadwal pendaftaran calon petugas pendataan itu dibuka pada tanggal 5 s/d 6 Agustus kemarin. akan tetapi terdapat perubahan kebijakan, untuk hari Selasa (11/8) besok pendaftaran akan dibuka kembali.

“Berdasarkan pengumuman hasil rekrutmen calon petugas pendataan SP 2020 tanggal 7 Agustus, dan dengan mempertimbangkan kebutuhan kuota calon petugas pendataan tersebut dibeberapa Kecamatan belum terpenuhi. Maka dibuka kembali pendaftaran untuk petugas pendataan SP 2020 itu,” bunyi pengumuman dari BPS, Senin (10/8/2020).

Pendaftaran ini dilakukan secara online pada web yang telah disediakan atau searching pada BPS Pati. Kemudian, pengumuman juga akan dilakukan melalui online pula. Hal ini dengan mempertimbangkan upaya pencegahan penyakit atau virus menular saat ini virus corona.

“Pendaftaran secara online akan ditutup tanggal 11 Agustus hari Selasa besok pada pukul 12:00. Atau akan ditutup setelah mencapai kuota yang dibutuhkan,” lanjut bunyi pengumuman.

Kepala BPS Pati Anang Sarwoto membenarkan proses pembukaan pendaftaran kembali ini. Pihaknya menyebut hal itu dilakukan karena pada saat pembukaan seleksi yang pertama masih menyisakan sejumlah kuota yang kosong. Dengan begitu harus secepatnya dicarikan mengisi pos tersebut.

Kepala Badan Pusat Statistik ( BPS) Pati Anang Sarwoto

“Iya (pendaftaran kembali) dari yang lolos seleksi pertama. Yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. Dan saat ini masih ada kekurangan petugas. Jadi kami buka lagi, termasuk cadangannya,” ungkap Anang.

Pihaknya menjelaskan perihal petugas cadangan tersebut, yaitu dengan antisipasi bagi petugas jika yang bersangkutan terdapat indikasi terpapar covid-19. Karena masih ada proses tes kesehatan untuk calon petugas pendataan itu.

“Untuk pelaksanaan bulan September dengan tatacara baru. Tapi saat ini instrukturnya sedang latihan mendalami materi. nanti kalo sudah jelas SOP-nya akan kami informasikan,” tandas Anang Sarwoto.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Santri Kajen Negatif Covid-19 Akan Dipulangkan, dan Positif Menjalani Isolasi Mandiri
Next post Disnaker Pati Akan Dukung Bantuan Karyawan Dapat Intensif dari Pusat
Social profiles