SMP Negeri 4 Pati Adakan Pelatihan Pembelajaran Daring

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) nampaknya masih terus dilakukan selama masa pandemi Covid-19 hingga waktu yang belum bisa ditentukan. Hal ini perlu dipersiapkan proses pembelajaran dengan sangat matang agar proses pembelajaran dapat berjalan sesuai tujuan yang diinginkan.

Dalam masa pandemi, para guru juga harus dibekali dengan kapasitas pengetahuan yang berkaitan dengan sistem belajar secara daring. Oleh karena itu, guru yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS se-Kabupaten Pati yang bertempat di SMP Negeri 4 Pati melakukan  upgrading melalui program pelatihan.

Pelatihan Pembelajaran Daring berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di era new normal pandemi Covid-19, yang dilaksanakan mulai tanggal 6 Juli, Senin kemarin dengan menghadirkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pati untuk menyampaikan materi pelatihan sekaligus membuka acara tersebut.

“Pelatihan Pembelajaran Daring ini tujuannya, kan sekarang ini dalam rangka masih pandemi corona virus (Covid-19). Sehingga aktivitas kegiatan belajar-mengajar berjalan dengan baik dan lancar. Khususnya kepada bapak/ibu pengurus MGMP IPS diadakan pelatihan,” kata narasumber Pelatihan Pembelajaran Daring Yayan Surian Syah saat dikonfirmasi Saminnews, Selasa (7/7/2020).

 

Bagaimana pun juga, sebab ada pandemi Covid-19 membuat sejumlah aktifitas pembelajaran di suatu lembaga satuan pendidikan berdampak besar. Sehingga, turut mempengaruhi kebiasaan belajar secara konvensional, yaitu dalam bentuk pembelajaran di kelas secara tatap muka antara pendidik dengan murid itu sendiri.

Pelatihan Pembelajaran Daring diupayakan bagi para tenaga pendidik akan mampu mengoptimalkan medium, sarana yang dipakai pada saat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Karena, guru diharapkan bisa memaksimalkan pembelajaran dengan metode daring agar tepat sasaran.

“Pelatihan ini ditujukan, agar para guru mampu menerapkan pembelajaran daring secara efektif, efisien dan juga sebagai tanda bukti bahwa ada pembelajaran daring dengan para murid,” terang Yayan.

Pembelajaran yang efektif dimasa pandemi ini dengan menggunakan metode PJJ, dirasa tepat dalam rangka menjauhi kerumunan. Yaitu dengan harapan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan tidak berkumpul pada suatu lokasi, dan juga dalam satuan pendidikan.

“Materinya juga bagaimana caranya membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Daring. Yang semula kan, secara tatap muka, berganti dengan RPP Daring. Jadi, gambarannya seperti apa, agar bisa lebih dikuasai,” pungkasnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Muspika Gembong Sepakat Belum Bersedia Membuka Kawasan Waduk
Next post MAN 1 Pati Minta Pembelajaran Bisa Dilakukan Secara Tatap Muka
Social profiles