Hari Terakhir MPLS Daring SMA N 1 Pati

0
56
Tempat melaksanakan MPLS SMA N 1 Pati tahun pelajaran 2020/2021.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di Jawa Tengah telah berlangsung pada hari ini Senin (13/7)  hingga hari Rabu (15/7) hari ini, yaitu dilakukan selama tiga hari.

Pemerintah memutuskan untuk menyelenggarakan MPLS 2020/2021 secara daring di tengah pandemi Covid-19 yang masih mewabah.

“Sejak hari Senin, kita sudah mulai Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Hingga hari Rabu hari ini yaitu hari terakhir mas. Yang dilakukan secara daring atau online kepada siswa baru kelas 10,” ungkap Kepala SMA Negeri 1 Pati Kaslan di sekolah setempat kepada Saminnews, Rabu (15/7/2020).

MPLS ini atau juga sering Masa Orientasi Siswa (MOS) dilakukan dengan menggunakan sistem daring merupakan kebijakan pemerintah yang menilik situasi dan kondisi sekarang ini masih belum memungkinkan untuk menggelar kegiatan secara tatap muka. MPLS daring dimaksudkan untuk tidak membuat kerumunan massa di lingkungan satuan pendidikan.

“Sesuai aturan dan anjuran pemerintah, khususnya dari Dinas Pendidikan Wilayah III Provinsi Jawa Tengah yang meminta untuk MPLS dilakukan secara daring. Dan atas perintah Pemprov Jateng. Bahwa SMA, SMK, pendidikan khusus diminta MPLS secara daring,” terang Kaslan.

Adapun yang mengikuti proses kegiatan MPLS di SMA N 1 Pati ini sebanyak ratusan siswa. Mereka yang telah dinyatakan lulus seleksi administrasi dan dinyatakan lulus masuk untuk jenjang pendidikan lebih lanjut di SMA N 1 Pati tersebut. “Yang mengikuti program MPLS secara daring itu sebanyak 429 siswa. Yang dilaksanakan pada rumahnya masing-masing,” katanya.

Secara lebih lanjut, pihaknya menyebut Siswa mengikuti program MPLS sebanyak 429 orang, terdiri dari dua jurusan. Yaitu sebanyak 360 siswa MPLS dari program jurusan IPA. Serta sisanya dari program jurusan IPS. Hal itu berdasarkan hasil PPDB Online tahun ajaran baru 2020/2021.

Meskipun demikian, waktu pelaksanaan MPLS oleh siswa baru tersebut dilakukan dengan daring juga diatur oleh pemerintah. Lantaran, jam program kegiatan MPLS tersebut hanya dilakukan setengah hari.

“MPLS itu dijadwalkan tiga hari, mulai hari Senin itu mas dan jadwalnya dilakukan hanya 4  (empat) jam. Dimulai pada pukul 07.00 pagi hingga pukul 11.00 siang,” pungkasnya.