Pembelajaran Daring, SMA N 1 Pati Gunakan Aplikasi Teams

0
100
Guru sedang menerapkan Pembelajaran daring.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Untuk mencegah persebaran virus corona desease (Covid-19), bahwa satuan pendidikan memberlakukan kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau dengan sistem daring. Sebab, sejak bulan Maret lalu virus tersebut menyebabkan perubahan sistem pembelajaran. Semula dilakukan dengan tatap muka di dalam kelas, berubah dengan pembelajaran Jarak jauh melalui aplikasi atau alat tertentu.

Banyak aplikasi PJJ yang ditawarkan oleh pihak pengembang. Misalnya diantaranya Quizizz, Quipper, Google Education maupun dari yang disediakan Microsoft. Untuk yang disebutkan terakhir itu disediakan dengan layanan Office 365 maupun juga disebut dengan Microsoft Teams.

Bahwa aplikasi Microsoft Teams itu diterapkan oleh SMA N 1 Pati sebagai medium pembelajaran jarak jauh. Hal itu guna mensukseskan kegiatan belajar mengajar oleh siswa maupun guru yang terlibat di dalamnya.

“Dalam pembelajaran daring atau jarak jauh itu, kita (SMA N 1 Pati) menggunakan layanan aplikasi Teams. Sebagaimana yang bisa digunakan untuk semua murid dan para guru dalam menyajikan kegiatan belajar mengajar selama pandemi Covid-19,” kata Kepala SMA N 1 Pati Kaslan kepada Saminnews, Rabu (15/7/2020).

Tahun pelajaran baru 2020/2021 telah dimulai pada hari Senin (13/7) kemarin. Namun, sekolah tersebut dalam praktiknya dengan tetap menggunakan belajar dari rumah. Artinya, sudah berjalan tiga hari ini siswa melakukan aktifitas kegiatan belajar mengajar yang dilakukan di rumah masing-masing melalui pembelajaran daring.

Khusus untuk kelas 10 atau kelas 1 tingkat SMA ini masih dalam tahap pengenalan lingkungan sekolah. Dimulai hari pertama masuk ajaran baru hingga tiga, yaitu hari Rabu (15/7) hari ini. Dan berbeda dengan kelas XI serta kelas XII yang sudah aktif belajar.

“Untuk kelas X mulai hari Senin kemarin diadakan masa Pengenalan lingkungan sekolah (MPLS). Terakhir dilakukan hari ini. Sementara, mulai hari Kamis (16/7) besok sudah aktif kegiatan belajar mengajar daring,” ungkapnya.

Namun, untuk dua kelas selanjutnya itu mulai awal hari masuk pertama sudah aktif seperti biasanya, dengan menggunakan pembelajaran jarak jauh melalui aplikasi Teams. Yang secara prinsipnya sama dengan pembelajaran daring lainnya, tandasnya.