Belanja Pasar Puri Online Belum Bisa Mengurangi Pengunjung Secara Signifikan

0
25
Masih banyak pengunjung Pasar Puri Pati dengan masih adanya beberapa lokasi tempat parkir sepeda motor, baik di sisi utara, selatan, belakang dan depan pasar tersebut yang dimanfaatkan.(Foto:SN/aed)

SAMIN-NEWS.com, PATI РSejak dibuka dan dimulainya sisetem Belanja Pasar Puri Online beberapa waktu lalu hingga sekarang, jumlah peminatnya memang terus bertambah. Akan tetapi hal itu belum bisa mengurangi jumlah pengunjung secara siginifikan, karena mereka datang ke pasar tersebut tidak hanya semata-mata untuk berbelanja melainkan juga melakuakan kegiatan lain, seperti transaksi dengan pedagang berkait barang-barang yang  bisa dijual di pasar itu.

Terlepas dari hal yang disebut terakhir, paling tidak sudah mulai tumbuh kepercayaan warga yang ingin belanja secara praktis, karena tidak perlu harus datang ke pasar secara  langsung, tapi barang yang ingin dibeli sudah siap di antar ke rumah. Dengan demikian, paling tidak bagi, utamanya yang sehari-hari sibuk sepertu karyawati hal tersebut akan lebih praktis karena tinggal menulis WA, hal itu akan langsung diakses oleh admin Belanja Pasar Puri Online.

Hal tersebut dibenarkan oleh salah seorang pengelola Bidang Pasar Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperind) Kabupaten Pati, Widyo, katika ditanya berkait masalah warga yang memanfaatkan jasa itu. ”Karena itu, dalam waktu yang tidak terlalu lama jumlah yang memanfaatkan aplikasi belanja online ini akan terus bertambah,”ujarnya.

Apalagi, lanjut dia, siapa saja yang merasa mendapatkan pelayanan secara maksimal dengan pengantaran barang yang ongkos kirim (onkir)-nya juga tidak terlalu mahal, hal itu pasti akan disamakan dengan ketimbang naik motor sendiri. Atau paling tidak, bisa memanfaatkan waktu ke pasar untuk kegiatan lain yang harus diselesaikan pada hari itu.

Dengan demikian, misalnya sudah punya jadwal kegiatan di luar rumah, maka sebagai gantinya tinggal menitip uang belanja sama orang yang di rumah. Sehingga saat pengantar barang datang tinggal melakukan pembayaran sesuai dengan bukti pembayaran yang harus dikeluarkan, maka hal itu pun lama-lama akan terbiasa.

Di sisi lain, hal-hal yang menyangkut barang yang dibeli karena tudak bisa milih secara langsung hal itu akan dilakukan oleh admin, dan pihak pebelanja bisa komplain jika mendapatkan pengiriman barang dengan kualitas tudak maksimal. ”Karena itu, dalam waktu dekat nanti Disdagperin juga akan memberikan seragam rompi kepada para pengirim barang hasil belanja online,”imbuh Widyo.