Wacana New Normal, Armada Bus di Terminal Kembang Joyo Kian Bertambah

0
65
Salah satu bus di Terminal Kembang Joyo Pati.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pemerintah sudah memberi ruang kelonggaran bagi angkutan untuk beroperasi kembali seperti biasanya. Dengan begitu sedikit demi sedikit jumlah armada bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) jurusan Surabaya-Semarang di Terminal Kembang Joyo Pati sudah kian bertambah, selepas awal lebaran.

“Kalau sekarang ini khususnya bus AKAP, armadanya sudah bertambah. Kalau awal selepas lebaran itu sempat gak ada. Kemudian melihat situasi, akhirnya seiring waktu kian bertambah. Mulai 8, bertambah 10 armada dan sekarang ini jumlahnya 15 armada,” kata mandor bus AKAP Surabaya-Semarang, Bandi kepada Saminnews, Kamis (18/6/2020).

Meskipun begitu, Bandi menambahkan, adu dua jenis bus yang sudah beroperasi dari dan Semarang-Surabaya. Yaitu PO Jaya Utama Indo dan juga PO Sinar Mandiri. Selebihnya, belum beroperasi karena mengingat penumpang hilir mudik masih dirasa agak sepi.

Dari ramai-sepinya penumpang bus dari arah timur (Surabaya) akan mempengaruhi terhadap bus Antar Kota dalam Provinsi, yaitu bus jurusan Pati-Jepara. Karena, Bandi menilai jika bus Pati-Jepara bergantung dengan bus jurusan yang sebelumnya disebutkan. Dengan begitu, ketika tetap narik, harus menyesuaikan ramainya penumpang dari Surabaya itu.

Terlepas dari datang-berangkat bus Surabaya-Semarang yang dirasa masih belum ramai seperti semula, akan tetapi untuk bus malam Patas jurusan Jakarta sudah banyak yang beroperasi.

“Kalau itu (jurusan Jakarta) beda mas, sekarang ini sudah beroperasi normal. Bahkan dalam satu PO saja ada 10 armada, ada yang 5, dan ada yang kurang. Tapi, pada intinya operasionalnya sudah seperti biasa,” tegasnya.

Akan tetapi, seperti aturan dari pemerintah, para penumpang dalam satu bus dibatasi hanya 50 persen dari kuota normal. Hal ini sebagai langkah penerapan aturan physical distancing, guna menekan penyebaran Covid-19.