Pembangunan Lapangan Rumput Stadion Joyo Kusumo Dimulai

0
82
Pengambilan rumout dan tanah lapang Stadion Joyo Kusumo Pati sebagai awal dimulainya pembangunan stadion tersebut.(Foto:SN/aed)

SAMIN-NEWS.com,  PATI  – Sejak Rabu (17/6) kemarin rekanan pemenang tender kerja sama operasional (KSO) PT Hoetama Karya Gemilang Pati, mulai melakukan pembersihan tanah dan rumput Stadion Joyo Kusumo Pati. Hal itu tanda dimulai pelaksanaan paket pekerjaan yang semula bersamaan dengan paket pekerjaan pembangunan lintasan stadion itu.

Akan tetapi kebijakan terakhir, tinggal pelaksanaan pekerjaan lapangan rumput yang sesuai kontrak menelan biaya Rp 8,6 miliar. Sedangkan sesuai lelang dua paket pekerjaan itu, semula dimenangkan oleh rekanan yang bersangkutan dengan penawaran harga sebesar Rp 17,6 miliar sehingga untuk pembangunan lintasan atletik sebesar Rp 9 miliar.

Oleh pemerintah kabupaten (pemkab) setempat, kata pelaksana lapangan rekanan yang bersangkutan,  Imam S alokasi anggaran untuk pembangunan lintasan atletetik lebih diutamakan untuk penanganan pandemi Covid-19. ”Dengan demikian, kami hanya tinggal kontrak pelaksanaan pekerjaan pembangunan lapangan rumput yang sudah mulai sejak Rabu (17/6) kemarin,”ujarnya.

Untuk pelaksanaan pekerjaan itu, masih kata dia, dijadwalkan bisa tuntas dalam waktu sepekan, karena ukuran lapangan stadion tersebut memang sesuai standar nasional. Yakni, panjang yang seharusnya 110 meter terpenuhi minimal 105 meter, dan lebar 70 meter sehingga untuk membuang dan membersihkan tanah dan rumputnya dijadwalkan bisa tuntas sepekan.

Jika pekerjaan itu sudah tuntas, maka tahap berikutnya adalah pemasangan kelengkapan geotekstil yang akan berfungsi sebagai peresapan karena nanti rumput yang digunakan atau digelar di lapangan tersebut adalah berupa rumut sintesis. Dengan demikian rumput tersebut adalah produk pabrikan sehingga saat ini pihaknya sudah melakukan order, karena waktu yang tersedia untuk melakukan/menggelar rumput tersebut adalah selama 70 hari kalender.

Melalui upaya tersebut, agar dalam pelaksanaannya tidak banyak kehabisan waktu hanya untuk menata rumput jenis itu yang sebenarnya lebih praktis. ”Karena itu, setelah pemasangan geotekstil kami segera menggelar batu belah ukuran 2-3, 1-2, dan 1-1 cm kemudian lapisan tersebut ditutup dengan abu batu, dan tahap berikutnya baru persiapan untuk menggelar rumput sintesisnya,”imbuh Imam.