Logistik di BPBD sudah Habis, Selanjutnya Bantuan Diserahkan kepada Dinsos

PATI – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati menyatakan sudah tak ada barang logistik. Seperti sebelumnya, BPBD menyimpan berbagai jenis bahan yang akan disalurkan pemerintah dalam membantu masyarakat di tengah pandemi Corona Virus Disease (Covid-19).

“Bahan logistik di BPBD sudah habis sebelum lebaran kemarin,” ujar Kepala BPBD Kabupaten Pati Budi prasetyo kepada Saminnews, Kamis (4/6/2020).

Kendati bahan logistik yang sudah habis tersebut, selanjutnya dalam posisi perbantuan warga khususnya saat ini, diarahkan kepada pihak Dinas Sosial. Lantaran di gudang BPBD sudah tak ada bantuan. Dalam arti, bantuan selanjutnya yang diarahkan pada Dinsos itu merupakan jaring pengaman sosial.

“BPBD itu menerima dan menyimpan banlog dari perorangan dan perusahaan. Kami juga ada anggaran untuk logistik kebencanaan, tapi lebih ke bencana alam,” tambah dia.

Selanjutnya, pihaknya menambahkan bahwa dalam menangani wabah corona, dengan menggunakan Dana Tak Terduga (DTT) yang masuk kategori anggaran kebencanaan non-alam.

Untuk diketahui, sebelumnya gudang BPBD menyimpan barang-barang logistik dari para donatur yang disumbangkan kepada pemerintah daerah dalam membantu penanganan dampak dari covid-19. Dengan begitu, sisa ataupun yang belum terdistribusikan kepada masyarakat, bahan logistik tersebut diungsikan di gudang milik BPBD Pati.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post E-Koran Samin News Edisi 4 Juni 2020
Next post Komisi D DPRD Pati Laksanakan Sidak Guna Memastikan Ketepatan Bansos
Social profiles