Legislatif Minta Pemkab Perhatikan Bidang Lingkungan

SAMIN-NEWS.com, PATI – Isu mengenai pembangunan yang ramah lingkungan menjadi perhatian bersama untuk diperhatikan. Ini juga diangkat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dalam rekomendasi terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Pati Tahun 2023.

Isu bidang lingkungan hidup harus benar-benar diperhatikan. Karena ini menyangkut dengan iklim pembangunan yang berkelanjutan untuk meminimalisir dampak yang ditimbulkan dari industrialisasi.

Apalagi “Pati Pro Investasi” yang digaungkan pemerintah setempat jika tidak dibarengi dengan komitmen akan menimbulkan masalah lingkungan ke depannya.

“Izin lingkungan untuk pembangunan pabrik baru ke depan harus selektif dan sesuai ketentuan yang berlaku,” usul dewan ke Pemkab.

Perusahaan di daerah juga harus menaati aturan mengenai pengolahan limbah. Secara khusus DPRD meminta bau-bau yang ditimbulkan dari perusahaan wajib ditertibkan sesuai dengan ketentuan yang ada.

Selain limbah perusahaan, pemerintah juga diminta memberikan perhatian terhadap penambangan. “Untuk meminimalisir kerusakan lingkungan, pemerintah daerah harus bertanggung jawab atas dampak penambangan galian C,” lanjut dewan. (ADV)

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Pemkab Pati Diminta Tambah TPA
Next post DPRD Pati Sampaikan 3 Usulan Bidang Pangan
Social profiles