Efek Kopi Bagi Pengidap Asam Lambung? Baik atau Buruk

SAMIN-NEWS.com, Pemicu kenaikan asam lambung dapat berasal dari makanan dan minuman, makanan yang terlalu pedas merupakan salah satunya. Tetapi, amankah pengidap asam lambung mengonsumsi kopi pahit?

Melansir artikel dokter sehat, pengidap asam lambung dianjurkan untuk mengetahui batasab atau menghindari meminum kopi yang terlalu pahit atau asam. Karena dapat menimbulkan gejala asam lambung yang lebih fatal.

Walaupun begitu, jika Anda merupakan pengidap asam lambung sebaiknya memilih jenis kopi yang memiliki kadar asam yang lebih sedikit, seperti japanase atau V60 Ice.

Lebih rincinya, efek samping minum kopi bagi pengidap asam lambung dan jenis kopi yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda seperti dibawah ini.

Pengidap Asam Lambung Boleh Minum Kopi Pahit?

Melansir Dokter Sehat, gejala asam lambung timbul atau semakin serius ketika seseorang mengonsumis makanan atau minuman tertentu, saat lambung masih kosong.

Sebabnya, kadar kafein didalam kopi adalah stimulus alami yang secara meningkatkan kontraksi saluran pencernaan dan memengaruhi produksi asam didalam lambung.

Biji kopi tertentu memiliki kandungan asam yang tinggi sehingga akan mengakibatkan pada proses pencernaan makanan lalu membuat perut Anda tidak mampu menahan untuk buang air besar.

Walaupun demikian, efek dari meminum kopi pahit terhadap penyakit asam lambung tidak begitu jelas.

Menurut Alodokter, Segelintir ahli memiliki pendapat bahwa kafein di dalam kopi mampu memperburuk gejala asam lambung, walaupun belum terdapat penelitian yang membuktikannya.

Minimnya penelitian mengenai efek samping kafein pada asam lambung memperlihatkan bahwasannya asam lambung tidak perli menghentikan asupan kopi.

Kesimpulannya, pengidap asam lambung wajib memperhatikan efek yang terjadi setelah meminum kopi.

Peminum kopi mengalami efek samping tertentu sebaiknya perlu membatasi atau mengurangi kebiasaan ini.

Satu hal yang perlu di garis bawahi, Anda sendiri sebagai peminum harus mampu menyadari seberapa cangkir kopi yang harus diminum tiap hari. (SN)

Penulis : Yunior Dhian Bagaskara
Jurusan : Sastra Indonesia FIB UNS
Status : Mahasiswa Magang

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Jagongan Kopi Roasters, Relaksasi Slow Bar
Next post PKB dan PPP Sependapat Nahdhiyin Pimpin Pati
Social profiles