Dewan Pati Dorong Upaya Pelestarian Budaya

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati mendorong upaya pelestarian budaya daerah oleh pemerintah daerah. Baik eksekutif maupun legislatif berkomitmen melestarikan kebudayaan di Bumi Mina Tani.

Saat ini DPRD Pati juga masih masih merampungkan pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pelestarian Seni dan Kebudayaan Tradisional tak Benda Daerah.

Ketua DPRD Pati Ali Badruddin, menegaskan penyusunan Raperda tersebut untuk melindungi masyarakat terutama para pelaku seni yang memihak kepada mereka. Di sisi lain, hal ini sebagai upaya campur tangan pemerintah terhadap pengembangan budaya daerah.

“Melestarikan budaya, melindungi pelaku seni kebudayaan itu sendiri. Ketika ada yang perlu dibantu, maka pemerintah juga harus ikut bertanggung jawab melindungi,” ujarnya.

Menurut politisi asal partai demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini langkah tersebut bisa untuk memajukan sektor seni dan kebudayaan di Kabupaten Pati.

Seni kebudayaan maju, maka diharapkan sektor pariwisata juga sejalan akan dapat maju. Dan hal ini katanya cukup penting diperhatikan mengingat banyaknya seni kebudayaan masyarakat di Kabupaten Pati.

“Kemajuan budaya juga ditunjang dengan keberhasilan pemerintah serta pembuat kebijakan dalam membuat regulasi. Sehingga semua lapisan masyarakat dapat menikmati dan budaya di daerah tetap lestari,” pungkasnya. (ADV)

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Serasa di Bali, ternyata Kalagyan Coffee
Next post DPRD Minta Tiap eks-Kawedanan Tersedia Mobil Damkar
Social profiles