Ketua Dewan Minta Tingkatkan Program Sekolah Ramah Anak

SAMIN-NEWS.com, PATI -Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati Ali Badruddin meminta Pemerintah Daerah (Pemda) untuk meningkatkan program sekolah yang ramah terhadap anak. Layanan ini memberikan rasa aman dan nyaman oleh siswa di lingkungan sekolah.

Menurutnya tindakan diskriminasi, kekerasan hingga bullying bisa saja terjadi di lingkungan sekolah. Kejadian ini kemungkinan saja terjadi akibat anak-anak meniru dari internet dan media sosial. Apalagi di era digital sekarang ini arus informasi sangat cepat tersebar.

Ia menjelaskan program sekolah ramah anak ini bukan mendirikan sekolah baru dengan jurusan kompetensi tertentu menyelemi dunia anak. Melainkan suatu program dan kebijakan yang harus dijalankan di lingkungan sekolahan.

“Membuat program kebijakan yang mampu mendukung sebuah proses pembelajaran yang nyaman dan aman di lingkungan sekolah. Jadi bukan membangun (sekolah) baru, tetapi program yang berorientasi untuk mewujudkan sekolah ramah anak,” katanya.

Sekolah ramah anak ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang aman, sehat dan tentunya menyenangkan bagi anak sekolah. Adapun dalam praktiknya, program ini tidak bisa menekan peran sekolah semata. Namun juga dari anak sekolah, orang tua hingga masyarakat.

Implementasi sekolah ramah anak bisa didukung dengan penerapan perlakuan yang adil terhadap semua anak sekolah baik laki-laki maupun perempuan, proses pembelajaran yang nyaman, hingga melibatkan anak dalam upaya program ini.

“prinsipnya yaitu tidak adanya diskriminasi di sekolah, artinya anak memperoleh jaminan tanpa tindakan diskriminasi, metode pembelajaran dibuat secocok mungkin guna pengembangan karakter anak,” pungkasnya. (ADV)

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Nikah Usia Dini Disebut Banyak Risiko, Ini Penjelasan Dewan
Next post Dewan Pati: Normalisasi Sungai Silugonggo harus Perhatikan Petani Tambak
Social profiles