Anggota Dewan Bandang Dukung Normalisasi Sungai di Pati

SAMIN-NEWS.com, PATI -Banjir yang melanda di sejumlah wilayah di Kabupaten Pati selain disebabkan karena faktor hilangnya kawasan hijau, juga disebabkan karena kondisi daerah aliran sungai (DAS). Kondisi sungai di Pati mengalami pendangkalan.

Hal itu menjadi perhatian anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Teguh Bandang Waluyo. Ia mendukung upaya normalisasi Sungai Juwana untuk meminimalisir risiko banjir ketika hujan deras.

Dikatakan, ia selaku anggota dewan dari Komisi C yang membidangi persoalan infrastruktur selalu melakukan koordinasi dengan Pemkab Pati dalam hal ini yaitu Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR). Bersamaan dengan itu melakukan pengawalan agar diteruskan ke pihak BBWS.

“Kewenangan sungai itu ada di BBWS. Kami selalu melakukan koordinasi dengan DPUTR selaku mitra Komisi C dan BBWS. Kami tetap mengawasi dinamika normalisasi sungai di Kabupaten Pati,” ungkap Bandang.

Menurutnya, upaya mitigasi bencana harus dilakukan secara menyeluruh. Seperti melakukan reboisasi atau penghijauan, normalisasi sungai hingga merawat daerah aliran sungai dari sampah-sampah. Dengan begitu, besar harapan mampu mengurangi terjadinya banjir.

“Sebelumnya saya dari Komisi C bersama pak ketua DPRD dan DPUTR belum lama ini ke BBWS untuk mengajukan pekerjaan normalisasi Sungai Juwana, sungai yang besar di Pati,” pungkas dia. (ADV)

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Dewan Dukung Kegiatan Ekstra Sekolah: Menumbuhkan Karakter
Next post DPRD Pati Ajak Masyarakat Peduli Kendeng dengan Langkah Penghijauan
Social profiles