Dewan Sebut Tempat Wisata Susah Berkembang hanya Andalkan Bantuan

SAMIN-NEWS.com, PATI -Perkembangan suatu pariwisata disebut akan susah berkembang jika hal itu hanya mengandalkan bantuan anggaran dari pemerintah saja. Tetapi pengelola wisata didorong harus kreatif mencari ide guna pengembangan tempat wisata.

Hal ini disampaikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati Endah Sri Wahyuningati menanggapi sejumlah tempat wisata di Pati yang terkesan tidak terurus.

“Jangan hanya mengandalkan pendanaan dari APBD. Kalau kita tidak mengajarkan mandiri kepada masyarakat pengelola wisata itu susah (berkembang) Menurut saya kreativitas itu harus dipacu,” kata Ning, panggilannya.

Menurutnya masalah anggaran untuk pemeliharaan dan pengembangan menjadi salah satu faktor persoalannya. Tetapi lantas tidak melulu menggantungkan pemerintah. Pengelola wisata juga harus kreatif menciptakan sesuatu yang menarik minat wisatawan.

Kader partai Golkar dari Dapil I Pati ini berharap pengelola wisata di daerah bisa berkreasi. Hal ini dimaksudkan untuk mewujudkan kemandirian tempat wisata supaya lebih eksis.

Di samping perlu kreativitas, dirinya juga mendorong pengelola wisata untuk selalu menjalin komunikasi dengan Pemerintah Daerah dalam hal ini adalah Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar). Termasuk pihak-pihak lainnya guna dukungan pengembangan wisata.

“Banyak komunikasi dengan pihak terkait, kalau wisata itu Dinporapar. Pemerintah daerah bisa memberikan dukungan fasilitas, seperti perbaikan jalan menuju tempat wisata,” tandasnya. (ADV)

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Dewan Dorong Pengelola Wisata Mandiri Berkelanjutan
Next post Perkuat Silaturahmi, DPRD bersama Pemkab Pati Gelar Halal Bihalal
Social profiles