Dewan Dorong Pengelola Wisata Mandiri Berkelanjutan

SAMIN-NEWS.com, PATI -Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati mendorong para pengelola wisata mampu mengelola sumber daya tempat pariwisata secara mandiri yang berkelanjutan.

Pariwisata mandiri berkelanjutan ini mendorong kesadaran masyarakat mengelola tempat wisata. Tujuannya yakni pengelola wisata akan lebih kreatif dalam mencari sumber daya pendanaan untuk mengeksplorasi optimal.

Tetapi pengelola tempat wisata di Kabupaten Pati tak jarang belum mempunyai pemahaman kesadaran tersebut. Pengembangan wisata cenderung hanya dilakukan menunggu saat bantuan anggaran dari pemerintah turun.

“Bikin pengelola wisata supaya kreatif, tarik pihak ketiga ataupun kelembagaan pemerintah,” kata anggota DPRD Pati, Endah Sri Wahyuningati kepada wartawan.

Potensi tempat wisata alam di Kabupaten Pati cukup banyak. Jika semua pengelola wisata mampu menerapkan itu diyakini akan mengerek perekonomian dan akhirnya meningkatnya kesejahteraan masyarakat.

Pasalnya jika tempat wisata maju, maka akan menumbuhkan geliat ekonomi melalui pertumbuhan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di sekitar lokasi wisata. Dan menurutnya masih banyak cara untuk mengkreasikan tempat wisata.

“Saya kira masih ada hal-hal yang bisa dikreasikan dan dikerjasamakan untuk pengembangan wisata di Kabupaten Pati. Tinggal bagaimana kita pintar komunikasi saja,” pungkas anggota Komisi D DPRD Pati ini. (ADV)

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Sungai Silugonggo Diminta Dilakukan Normalisasi hingga Hilir
Next post Dewan Sebut Tempat Wisata Susah Berkembang hanya Andalkan Bantuan
Social profiles