Soal Stunting, DPRD Pati Ajak Orang Tua Awasi Tumbuh Kembang Anak

SAMIN-NEWS.com, PATI – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Ali Badrudin mengajak para orang tua lebih memperhatikan tumbuh kembang anak. Hal ini guna mengantisipasi stunting pada anak.

Istilah stunting sendiri yaitu masalah kekurangan gizi oleh anak. Sehingga hal itu berdampak pada pertumbuhan anak yang tidak wajar dibandingkan anak seusianya. Stunting juga bisa dilihat dari berat badan serta tinggi badan si buah hati.

“Mengenai persoalan stunting, kami berharap ya agar orang tua selalu memperhatikan dan mengawasi tumbuh kembang anak. Kebutuhan gizinya harus tercukupi, ini yang penting,” ujarnya.

Sehingga stunting yang identik dengan gangguan pertumbuhan dan perkembangan akibat kekurangan gizi bisa ditekan sejak dini. Yakni pemenuhan gizi sejak dalam fase ibu hamil.

Menurutnya, yang dikhawatirkan bukan hanya sebatas tinggi dan berat badan yang tidak sesuai usianya. Melainkan stunting akan berpengaruh juga terhadap kemampuan perkembangan otak anak serta kondisi kesehatan anak.

“Yang ditakutkan adalah resikonya terjadi gangguan pada rendahnya kemampuan anak untuk belajar. Kemudian resikonya juga yang ditakuti adalah penyakit lain akan mudah menyerang akibat lemahnya imun. Jadi sangat berpengaruh terhadap masa depannya,” pungkasnya. (ADV)

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Lelaki ODGJ Meninggal Dunia di Grobogan Setelah Tertabrak Kereta
Next post Dewan Dorong Pemuda Terjun ke Pertanian
Social profiles