DPRD Pati Yakin Kedaulatan Pangan Bisa Dicapai

SAMIN-NEWS.com, PATI – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Sukarno meyakini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati mampu mewujudkan ketahanan pangan hingga mampu menciptakan kedaulatan pangan.

Hal yang perlu diperhatikan untuk mewujudkan kedaulatan pangan adalah pertama pemerintah setempat wajib memperhatikan kesejahteraan para petani. Sebab apa, ini menyangkut jaminan petani mendapatkan keuntungan dari hasil usahanya dan berpengaruh terhadap produktivitas mereka.

“Kemudian hal yang perlu diperhatikan juga adalah ketersediaan dukungan terhadap sarana dan prasarana pertanian. Ini misalnya pupuk, benih, bibit hingga pestisida,” ujar dia.

Menurut anggota Komisi B DPRD Pati itu jika unsur itu didapatkan oleh petani, maka diyakini produktivitas pertanian semakin meningkat. Terlebih Kabupaten Pati sesuai jargonya Bumi Mina Tani, tentunya mempunyai potensi di bidang pertanian yang menjanjikan bisa tercapai.

Termasuk, sebelumnya komoditas beras di Kabupaten Pati harganya sangat mahal. Bahkan harganya di pasaran sempat mencapai Rp 17 ribu per kilogram. Kondisi tersebut mungkin tidak akan terjadi jika Pemkab Pati tercapai kedaulatan beras.

“Kami yakin betul kedaulatan pangan dicapai melalui kepastian ketersediaan sarana dan prasarana pertanian yang memadai. Contoh saja misalnya pupuk subsidi langka, maka akibatnya tanaman petani pertumbuhannya tidak akan optimal,” pungkasnya. (ADV)

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post LPG 3 Kilogram Sulit di Dapatkan, Ini Tanggapan Disperindag Grobogan
Next post Antisipasi Banjir, Pimpinan DPRD Dukung Gerakan Penghijauan
Social profiles