Dewan Ajak Masyarakat Terapkan Budaya Tertib Buang Sampah

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati mengajak seluruh lapisan masyarakat di Bumi Mina Tani agar dapat menerapkan budaya tertib membuang sampah pada tempatnya.

Ketua DPRD Pati, Ali Badrudin menjelaskan tanggung jawab sampah merupakan tanggung jawab seluruh lapisan masyarakat. Pemerintah tanpa bantuan dan kesadaran masyarakat budaya tertib buang sampah tidak bisa jalan.

“Hal ini tidak semata-mata menjadi tanggung jawab pemerintah daerah. Tetapi persoalan sampah juga menjadi tanggung jawab semua masyarakat untuk tertib buang sampah,” ujarnya.

Buang sampah di sembarang tempat mempunyai konsekuensi yang buruk. Dampaknya adalah penandangan yang jelek, menimbulkan bau tak sedap, serta mengotori dan mencemari lingkungan.

“Masih banyak ya sampah-sampah itu dibuang ke pinggir jalan, sampah berserakan jadinya. Kemudian sampah dibuang juga ke sungai. Ini yang akhirnya menimbulkan masalah lain,” ungkapnya.

Apalagi, kehadiran tumpukan sampah di sungai itu dapat menyebabkan aliran tersendat. Bisa memicu terjadinya banjir.

Pemerintah Daerah Kabupaten Pati saat ini telah menandatangani MoU dengan perusahaan Australia terkait pengelolaan sampah di TPA Margorejo. Nantinya sampah itu akan dibuat briket. Ini bisa menghindari adanya gunungan sampah di TPA.

Oleh sebab itu, pihaknya meminta OPD terkait agar memberikan sosialisasi maupun sarana dan prasarana kepada masyarakat. Sehingga pengelolaan sampah di Kabupaten Pati bisa mendatangkan kebaikan. (ADV)

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Dewan Tekan Pemkab Segera Perbaiki Jalan Rusak
Next post DPRD Pati Inginkan UMKM Jadi Tulang Punggung Perekonomian
Social profiles