Ali Bicara Soal Calon Ketua DPRD Pati

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pemilihan Umum atau Pemilu telah selesai dilakukan. Pemilihan presiden dan wakil presiden, DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten secara serentak dilakukan pada 14 Februari 2024 yang lalu.

Hal itu berdasarkan hasil akhir rekapitulasi Pemilu 2024 tingkat kabupaten di Aula KPU Pati pada Sabtu 2 Maret. Perolehan kursi PDIP Pati meraih 14 wakil, yakni tertinggi dari perolehan partai lawan. Artinya kursi ketua akan diisi dari PDIP lagi.

Ketua DPRD Pati, Ali Badrudin yang juga sebagai ketua DPC PDIP memberi respon hasil dari Pileg beberapa waktu lalu. Ia bicara soal peluang siapa calon ketua DPRD selanjutnya periode 2024-2029.

Menurutnya, partai PDIP telah mengatur siapa yang akan menjadi calon pimpinan DPRD. Ia mengatakan caleg dengan perolehan suara terbanyak, tidak serta merta diangkat menjadi ketua DPRD.

“Soal pimpinan DPRD kalau di PDI itu, bukan memperoleh suara banyak, terus bisa menduduki suatu pimpinan, kan enggak. Semua tergantung perintah ketua umum,” kata Ali.

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan di internal partai Banteng ini siapa yang menjadi calon ketua DPRD harus mendapat surat rekomendasi dari pimpinan pusat. Sehingga, hal ini harus ditaati bagi semua caleg-calegnya.

“Rekomendasi dari Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarno Putri. Jadi tidak serta merta seseorang pimpinan berdasarkan suara banyak. Partai kan ada aturan mainnya,” tambah dia. (ADV)

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post 24 Nama Petahana Tersingkir Pileg DPRD 2024
Next post PDIP Tidak Capai Target, Ali Sebut Terdampak Pilpres
Social profiles